icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Pekerjaan Prodi Teknik Sipil, Selengkapnya
Siker.id | 15 Nov 2021 16:45


Bagikan ke

siker.id - Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kamu akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Kamu juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien. Di jurusan Teknik Sipil kamu juga akan mempelajari dasar rancangan arsitektur.

Teknik sipil punya peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia, ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Kemajuan teknologi transportasi akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur, seperti perluasan jalan, pembangunan jalan toll, underpass, flyover, dan lain-lain.

Perubahan lingkunganpun akan berpengaruh terhadap pembangunan. Unsur cuaca, iklim, struktur tanah, dan gempa bumi, menjadi pertimbangan penting dalam pembangunan gedung dan infrastruktur. Karena itu para profesional di bidang Teknik Sipil haruslah cermat dan teliti.

Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Sebagai negara berkembang, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di mana-mana.

Tentunya, ilmu dari teknik sipil sangat diperlukan bagi suatu perusahaan maupun organisasi yang bergerak di berbagai jenis bidang.

Oleh karena itu, tidak heran banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan teknik sipil untuk mengisi berbagai macam lowongan pekerjaan.

Baca juga: Apa Saja Hak Jaminan Sosial dalam Dunia Kerja?

Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa kamu ambil untuk lulusan teknik sipil antara lain:

1. Konsultan Konstruksi Bangunan

Prospek kerja teknik sipil yang pertama adalah bekerja menjadi konsultan konstruksi bangunan. Pada bidang ini, kamu sebagai lulusan teknik sipil bisa mengambil peran sebagai Project Manager yang tugasnya bisa mengawasi dan manajemen konstruksi yang sedang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi resiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung.

Tentunya prospek kerja teknik sipil satu ini membutuhkan kreativitas lebih banyak dan kemampuanmu untuk mendesain apa yang klienmu inginkan.

2. Insinyur situs pembangunan

Pekerjaan sebagai insinyur situs pembangunan lebih condong ke arah teknis, pengorganisasian, dan pengawasan.

Kamu bertugas untuk menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait yang terlihat di atas, maupun di bawah tanah.

Jangan lupa untuk memperhatikan juga mengenai kesehatan dan keamanan di daerah tersebut, ya.

Prospek kerja teknik sipil yang satu ini akan membuatmu berhubungan dengan arsitek, manajer konstruksi, perencana, insinyur lainnya, subkontraktor, supervisor, sampai surveyor.

3. Kontraktor insinyur sipil

Prospek kerja teknik sipil ini erat kaitannya dengan prospek sebelumnya, yaitu konsultan konstruksi bangunan.

Kontraktor insinyur sipil akan mengubah rencana yang sudah dibuat oleh sang konsultan menjadi kenyataan.

Mereka yang akan melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan, dan bagaimana cara menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Sebagai kontraktor, pekerjaan mengharuskan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan.

4. Surveyor pengendalian bangunan

Kalau kamu senang bekerja dengan detail, dan tertarik dengan bangunan dan konstruksi, prospek kerja teknik sipil yang satu ini bisa kamu pertimbangkan.

surveyor pengendalian bangunan ini tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku diikuti dengan baik oleh pembangunan yang sedang berjalan.

Kalau tidak memenuhinya, kamu sebagai surveyor pengendali bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi sang klien.

Semua itu tentu saja, tujuannya adalah keamanan bagi semua pihak.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?

6. Civil Estimator

Sebagai lulusan teknik sipil, pastinya kamu berpeluang untuk berkarir sebagai civil estimator, baik di suatu perusahaan konstruksi maupun perusahaan lainnya.

Civil estimator bertugas dalam mempersiapkan dan menyampaikan perkiraan, anggaran, dan rencana biaya untuk proyek teknik sipil yang berlangsung.

Proyek tersebut bisa saja meliputi desain konstruksi maupun pemeliharaan struktur seperti jalan, gedung, waduk, bandara, jembatan, sistem saluran pembuangan limbah, terowongan, bendungan, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, kamu juga bertugas dalam meninjau rencana proyek, bekerja sama dengan klien dan para stakeholder, mengunjungi lapangan, dan mempertimbangkan banyak faktor yang mempengaruhi biaya sebelum memberikan perkiraan biaya dalam tender.

Selain itu, civil estimator juga harus punya kemampuan analitis yang kuat untuk memberikan estimasi yang akurat dan menggunakan berbagai software komputer untuk menyusun dan menganalisis data.

7. Pengusaha

Bagi kamu lulusan teknik sipil yang sudah punya jiwa entrepreneur maka bisa mencoba bisnis mulai dari suatu hal kecil.

Akan tetapi, untuk berwirausaha kamu memerlukan usaha yang besar agar bisa mencapai kesuksesan dan bahkan mungkin sering mengalami banyak kegagala

Di samping itu, kamu juga bisa membuka peluang bisnis baru baik yang berhubungan dengan teknik sipil maupun yang tidak berhubungan seperti membuka toko bangunan, membuka jasa konsultan bangunan, membuka restoran, dan masih banyak lagi.

8. Pengajar / Dosen

Barangkali kamu merupakan lulusan teknik sipil yang ingin berkarir sebagai pengajar baik untuk tingkat perguruan tinggi maupun tingkat sekolah menengah.

Bagi kamu yang mempunyai minat dalam mengajar, tentu profesi ini akan menjadi terbaik untukmu.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen maka perlu melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi yaitu minimal pendidikan S-2 dan bahkan beberapa universitas memberikan syarat minimal S-3.

9. BUMN

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha yang hampir semua keseluruhan sahamnya milik negara.

Sebagai lulusan teknik sipil, kamu akan berpeluang bekerja di BUMN untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada.

Kelebihan saat kamu bekerja sebagai pegawai BUMN antara lain gaji dan tunjangan yang tinggi.

Selain itu, kamu tidak akan khawatir akan dana pensiun dan jenjang karir yang ada.

Beberapa contoh perusahaan BUMN di Indonesia antara lain PT Adhi Karya, PT Wijaya Karya, PT Waskita Karya, PT Jasa Marga, PT Kereta Api Indonesia, dan masih banyak lagi.

Begitulah sekilas informasi mengenai jurusan Teknik Sipil dan juga prospek kerja bagi lulusannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!

 


Editor: Bagus -

     

Komentar