Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Gagal Dapat Pekerjaan? Lakukan Cara Ini
Siker.id | 03 Nov 2021 11:15


Bagikan ke

siker.id- Tidak selamanya usaha kerasmu dalam mencari pekerjaan berbuah manis. Untuk mendapatkan pekerjaan idaman atau pekerjaan saat ini, kamu harus melewati serangkaian kegagalan yang tidak sebentar.

Setelah dinyatakan belum lolos seleksi kerja, memang berat sekali rasanya untuk segera bangkit. Apalagi jika kamu baru saja lulus kuliah. Perasaan emosi memang wajar, sih. Hal yang paling penting, jangan sampai berlarut-larut dan harus segera bangkit, ya.

Baca juga: Bagi Pencari Kerja, Hindari 5 Kesalahan Ini !

1. Tetap Semangat untuk wawancara berikutnya

Meski tidak mudah, hindari untuk terpuruk setelah gagal diterima kerja di sebuah perusahaan. Jangan menyalahkan diri sendiri atau bahkan merasa kamu tidak mampu untuk mendapatkan pekerjaan. Di luar sana, ada banyak pekerjaan lainnya yang siap untuk kamu perjuangkan. Saat kamu ditolak oleh perusahaan, maka hal tersebut tidak semata-mata hanya karena kamu tidak kompeten saja, sebab bisa saja kandidat lainnya memang dirasa lebih tepat oleh pihak perusahan.

2. Intropeksi diri

Jangan lupa, satu hal lain yang perlu kita lakukan adalah intropeksi diri. Kira-kira apa yang menyebabkan kita bisa gagal terus. Pertama yang perlu dicek adalah CV yang kita kirimkan selama ini apakah ternyata ada kesalahan atau tidak. Bisa jadi tanpa kita sadari, CV tersebut tidak memuat apa yang dicari perusahaan.

3. Kesalahan Pada Wawancara

Kemudian coba ingat-ingat kembali, mungkin saja jawaban-jawaban yang kita berikan saat wawancara tidak sesuai, berlebihan atau bahkan kegugupan membuat user menjadi enggan melanjutkan wawancara. Ini bisa jadi poin penting yang selayaknya diperhatikan. Bila memang kita merasa jawaban-jawaban sebelumnya tidak begitu meyakinkan user tidak ada salahnya kita mengganti jawaban-jawaban tersebut dengan kalimat-kalimat yang lebih singkat dan meyakinkan di wawancara ke depannya.

Baca juga: Begini Tantangan Fresh Graduate Tahun 2021

4. Minta Masukan

Coba ingat-ingat kembali apa yang terjadi saat interview dan ceritakan pada orang yang lebih berpengalaman di dunia kerja.

Kamu bisa bertanya pada orang-orang terdekat maupun di internet dimana kamu bisa mendapatkan lebih banyak perspektif dan jawaban.

Mintalah pendapat mereka mengenai apa kesalahan yang mungkin telah kamu lakukan.

Mereka pun dapat memberimu saran bagaimana untuk meningkatkan kualitas jawabanmu saat interview.

Dengan ini, selain kamu mendapat ilmu baru, kamu pun bisa merasa lebih lega karena menceritakan pengalamanmu pada seseorang.

5. Rencanakan Langkah Selanjutnya

Meskipun kamu sedang tidak bersemangat karena gagal, jangan lupa untuk merencanakan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya agar cepat mendapat pekerjaan.

Tips ini penting, karena membuat rencana akan membuatmu lebih termotivasi untuk melakukannya sehingga segera move on dari gagal interview

Baca juga: Apa Itu Perselisihan Hubungan Industrial?

Sekian Artikel Tentang Gagal Dapat Pekerjaan? Lakukan Cara Ini. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

 


Editor: Bagus -

     

Komentar