icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Positif
Siker.id | 23 Mar 2022 14:45


Bagikan ke
Ciptakan lingkungan kerja positif. (siker)

siker.id - Kenyamanan bekerja salah satunya didapat dari lingkungan kerja yang positif. Bila hal itu tidak tercipta, tumbuhkanlah sikap-sikap untuk memiliki lingkungan kerja yang positif mulai dari diri sendiri.

Salah satu alasan mengapa harus memiliki lingkungan kerja yang positif karena situasi tersebut dapat setidaknya meringankan beban karyawan dari banyaknya pekerjaan yang ada. Sebab, karyawan yang optimis dan termotivasi pun nantinya yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan untuk sukses.

Oleh karena itu, membangun lingkungan kerja yang positif itu penting demi kenyamanan bersama. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang positif di kantor.

Baca juga: Tips Adaptasi si Introvert di Lingkungan Kerja

Fokus pada masa depan

Tempat kerja yang bisa membuat bahagia terdiri dari orang-orang yang bahagia pula. Lingkungan tersebut pada akhirnya bisa membuat satu sama lain lebih produktif. Sebab, lingkungan yang positif, dinamis, dan berfokus pada misi dapat memperkaya dan memberi energi kepada karyawan.

Salah satu langkah untuk memperbaiki budaya yang rusak dan disfungsional adalah dengan membatasi hal-hal negatif dan berhenti memikirkan masa lalu. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survei kepuasan karyawan dan selalu menerima masukan dari mereka. Bahkan Anda juga bisa mengajak rekan kerja untuk berkumpul di luar kantor yang bisa dilakukan di luar jam kerja.

Menyelaraskan budaya kerja

Mencoba mengubah dan menyelaraskan tujuan karyawan dengan visi dan misi perusahaan itu termasuk hal yang keliru. Namun, ketika Anda mempekerjakan orang-orang yang sejalan dengan visi dan misi, budaya kerja akan lebih kuat.

Oleh karena itu, dalam proses wawancara, cari kandidat yang memiliki keyakinan dan nilai yang sama dengan perusahaan. Dengan catatan, juga harus memiliki keragaman pemikiran dan pengalaman yang akan membantu mendorong perusahaan maju menuju kesuksesan.

Baca juga: 4 Upaya Menciptakan Kantor Ramah Lingkungan

Ingat Tujuan

Sebuah perusahaan nirlaba harus fokus dan mendahulukan misi perusahaan dari apa pun. Setiap karyawan, baik karyawan baru atau senior, harus dapat bekerja dan berkontribusi sesuai dengan misi perusahaan. Namun terkadang, masih ada saja karyawan yang salah arah.

Pada saat itulah pentingnya mengadakan brainstorming tentang misi kepada para karyawan. Karyawan yang bersemangat mewujudkan misi dan bekerja seusai tujuan akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam mendalami peran.

Sekian artikel tentang cara ciptakan lingkungan kerja positif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Sulit


Editor: Theo Adi -

     

Komentar