Tips Adaptasi si Introvert di Lingkungan Kerja
Siker.id | 16 Feb 2022 20:30


Bagikan ke
Adaptasi introvert di lingkungan kerja. (siker)

siker.id - Memulai kerja untuk pertama kalinya tentu bukan hal mudah bagi sebagian besar orang, tak terkecuali para introver. Ada tips yang dilakukan supaya kegiatan interaksi tidak terganggu dan mereka tetap memiliki performa yang baik di tempat kerja. Penasaran apa saja? Simak jawabannya berikut ini, ya!

Baca juga: Berikut Kebiasaan Berbahaya Introvert di Dunia Kerja

Persiapkan segalanya dengan matang

Tanpa disadari, mempersiapkan segala hal dengan matang dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang khususnya para introver. Karenanya langkah ini harus dilakukan agar proses orientasi bisa berjalan lancar.

Kamu bisa melakukan riset mengenai perusahaan dan rekan kerja, baik melalui situs resmi perusahaan dan platform media sosial profesional, seperti LinkedIn. Pelajari juga kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan agar bisa bekerja optimal di posisi atau role kamu.

Datang lebih awal

Saat mulai bekerja, pastikan kamu datang lebih awal, misalnya 30 menit sebelumnya. Kamu bisa menunggu di kedai kopi dekat kantor atau langsung menunggu di lobby. Ini bertujuan agar kamu bisa mempersiapkan mental sehingga tak terlalu gugup saat bertemu orang baru.

Selain itu, datang lebih awal juga memungkinkan kamu mengenal lingkungan di sekitar kantor. Dengan demikian, kamu merasa lebih familier dan menikmati waktu tanpa harus terburu-buru.

Baca juga: 4 Tips Adaptasi Kerja Buat Introvert

Mulai pelan-pelan

Di minggu pertama bekerja, kita akan menjalani proses orientasi atau induction. Berkenalan dengan seluruh anggota divisi mungkin akan sangat melelahkan, jadi kamu bisa memulai interaksi dengan orang yang berada di dekatmu terlebih dahulu. Misalnya rekan kerja satu tim yang kursinya berdekatan.

Seiring waktu, kamu bisa mengeksplorasi interaksi dengan rekan lain. Tak perlu terburu-buru, poin terpenting yang perlu diingat ialah kamu merasa nyaman saat melakukannya. Meski begitu, cobalah tetap terbuka jika ada yang ingin mengajakmu berinteraksi, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan.

Observasi lingkungan sekitar

Meski tampak pendiam, para introver merupakan pengamat ulung sebab mereka gemar menganalisis situasi di sekitar. Mereka bahkan bisa mengobservasi hal-hal yang sifatnya detail, seperti bahasa tubuh seseorang dan ekspresi orang saat berinteraksi satu sama lain.

Kamu bisa menggunakan kemampuan ini untuk menganalisis bagaimana cara bersikap di tengah lingkungan kerja. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan diri dan memiliki interaksi yang optimal dengan rekan lainnya. Ini dapat digunakan baik dalam konteks profesional maupun di kehidupan sehari-hari, lho.

Sekian artikel tentang tips adaptasi introvert. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Anda Introvert? Berikut Ini Pekerjaan Yang Cocok!


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar