icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Jurusan Hotel Manajemen
Siker.id | 10 Mar 2022 18:15


Bagikan ke
Prospek jurusan hotel manajemen. (siker)

siker.id - Pesatnya perkembangan industri pariwisata tak lepas dari pertumbuhan bisnis penginapan dan perhotelan yang kian meningkat. Mempertimbangkan peluang dan prospek kerja setelah lulus, tidak sedikit calon mahasiswa yang memutuskan memilih jurusan Hotel Management. Bagi kamu yang tertarik masuk jurusan ini, perlu diketahui jika nanti kalian akan mempelajari ilmu perhotelan . Termasuk bagaimana cara mengelola dan mengawasi hotel serta menyeimbangkan aspek wisata dari sisi manajerial.

Melansir laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, kampus swasta ini juga membuka jurusan tersebut yang akan membekali mahasiswanya dengan keterampilan bahasa asing untuk berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara. Agar menjadi tenaga profesional, keahlian yang harus dimiliki ialah kemampuan adaptasi yang baik, ketelitian tinggi, ketekunan, fokus pada detail, kesabaran dalam melayani pelanggan, dan mampu bekerja sama dengan banyak pihak. Lalu seperti apa peluang kerja bagi lulusan Hotel Management? Berikut ini beberapa prospek hotel management:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Oseanografi

Manajer Hotel

Sesuai namanya, manajer hotel bertanggung jawab mengatur dan memastikan kegiatan operasional, staf hotel, dan pemasaran berjalan lancar. Tugas manajer hotel adalah mengontrol penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) supaya tidak melenceng. Agar bisa mengelola hotel dengan baik, diperlukan kemampuan leadership dan proaktif. Seorang manajer hotel juga harus memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni dan menguasai ilmu dasar manajemen, bisnis, dan keuangan.

Wedding Organizer Hotel

Merupakan salah satu tempat favorit yang dipilih calon pengantin untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Untuk memastikan acara tersebut berjalan lancar diperlukan wedding organizer yang bertugas merencanakan, mengatur, menyusun, dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Mulai dari pengisi acara, dapur, pelayan, tamu, hingga vendor.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Manajer Restoran

Lulusan Hotel Management juga bisa bekerja sebagai manajer restoran. Dengan tugas pentingnya yakni memimpin dan mengawasi kinerja tim, membantu kerja staf agar optimal, merekrut karyawan baru, memastikan kepuasan tamu, dan menetapkan tujuan penjualan. Seorang manajer restoran diharapkan memiliki kemampuan baik dalam menyelesaikan suatu masalah, melayani pelanggan, berkomunikasi, bernegosiasi, dan bisa bekerja di bawah tekanan. Bagi yang telah berpengalaman, bisa bekerja sebagai manajer restoran di kapal pesiar. Berada di bawah pengawasan Departemen Food and Beverage, manager restoran kapal pesiar bertanggung jawab mengendalikan operasional restoran. Selain itu juga harus melakukan koordinasi dengan General Manager (GM) kapal pesiar untuk memastikan keadaan aman terkendali.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan hotel manajemen. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar