Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat
Siker.id | 07 Mar 2022 19:45


Bagikan ke
Prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat. (siker)

siker.id - Kesehatan masyarakat atau kesmas merupakan jurusan kuliah dengan kesempatan kerja yang terbuka lebar di masa depan. Permintaan pekerja di bidang ini tak hanya dibutuhkan di kota-kota besar dan metropolitan, tapi juga di wilayah lainnya. Membahas tentang prospek kerja kesehatan masyarakat dan gajinya, jurusan yang termasuk rumpun sains ini punya peluang yang menjanjikan. Bidang kesehatan masyarakat banyak dibutuhkan dalam kaitannya kesehatan dan mewujudkan kesehatan di masyarakat. Apalagi, pemerintah juga tengah gencar memprioritaskan pertumbuhan dan perbaikan kesehatan yang tentunya membawa keuntungan tersendiri bagi lulusan jurusan kesehatan masyarakat.

Program Studi Kesehatan Masyarakat merupakan bidang ilmu yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Bidang ilmu ini juga bertujuan menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan dan metode pencegahan penyakit, kesehatan dalam suatu kawasan, maupun kesehatan di lingkungan kerja. Pada Prodi Kesehatan Masyarakat, mahasiswa juga akan mempelajari tentang ilmu gizi, manajemen dan administrasi kesehatan, dan proses penyuluhan kesehatan di masyarakat.

Berikut ini prospek kerja kesehatan masyarakat :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Olahraga

Administrator kesehatan

Administrator kesehatan atau healthcare administrator bertanggung jawab atas kebijakan, fasilitas, layanan, termasuk operasional dalam organisasi agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tidak seperti dokter, administrator kesehatan tidak berhubungan langsung dengan pasien. Pekerjaannya lebih banyak berkutat di bidang administrasi pelayanan, perizinan, dan pelaksanaan program. Gaji untuk level staf posisi ini bervariasi bergantung tempatnya bekerja. Rata-rata administrator kesehatan mendapatkan Rp48 juta per tahun.

Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 atau HSE) adalah tenaga teknis dengan keahlian khusus untuk mengawasi perusahaan demi melindungi keselamatan dan kesehatan para tenaga kerja.

Selain itu, ahli K3 juga berperan dalam mengevaluasi kebijakan dan program keselamatan, serta mengidentifikasi bahaya yang mungkin atau telah terjadi. Hampir semua perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang konstruksi atau proyek membutuhkan tenaga ahli K3. Gaji yang didapatkan seorang ahli K3 untuk level officer sekitar Rp120 juta per tahun, dan bisa lebih tinggi untuk level manajer.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Bioteknologi

Promotor kesehatan

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang banyak tersedia adalah promotor kesehatan atau promkes. Promotor kesehatan bertanggung jawab untuk memberikan penyuluhan dan mendorong kesadaran masyarakat atas kesehatan jasmani maupun mental mereka. Gaji seorang promotor kesehatan terbilang cukup baik, mulai dari Rp36 juta per tahun atau lebih bergantung pada perusahaan atau instansi tempatnya bekerja.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan Kesehatan masyarakat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Hukum


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar