Prospek Kerja Jurusan Farmasi
Siker.id | 08 Mar 2022 16:45


Bagikan ke
Prospek kerja untuk lulusan farmasi. (siker)

siker.id - Memasuki era digital saat ini tentunya persaingan kerja bakal semakin tinggi. Dari mulai masyarakat yang makin sadar soal pentingnya pendidikan, sampai banyak para pencari kerja yang siap bersaing di era Industri 4.0 sekarang. Salah satu prospek kerja di Indonesia yang cukup banyak pesaingnya adalah prospek kerja farmasi nih guys.

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan. Mahasiswa yang mengambil jurusan farmasi pastinya akan dipersiapkan untuk menjadi peracik obat yang handal nih. Setelah lulus dari jurusan farmasi, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ke profesi apoteker untuk bisa lanjut bekerja sebagai apoteker.

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai prospek kerja farmasi, kita cari tau dulu yuk apa aja sih yang dipelajari di jurusan farmasi nanti di perkuliahan? Pastinya disini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

Untuk mata kuliah yang akan kamu pelajari adalah terkait dengan Anatomi Fisiologi Manusia, Farmasi Fisika, Kimia Organik, Botani Farmasi, Farmasetika Dasar, Biokimia, Kimia Sintesis, Kimia Analitik, Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida serta Biologi Sel dan Molekuler, dan masih banyak lagi bidang lainnya. Nah, sekarang kita bahas 10 prospek kerja farmasi di Indonesia yuk!

Berikut ini beberapa prospek kerja farmasi:

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Farmasi Industri

Prospek kerja farmasi yang pertama adalah bekerja di bidang farmasi industri. Pekerjaan yang satu ini cukup banyak diincar oleh banyak mahasiswa lulusan farmasi nih. Dimulai dari proses pengabdian di bidang industri,kamu akan ditempatkan pada bagian research and development (R&d) untuk menentukan formula, teknik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan-bahan baku yang akan digunakan dalam membuat obat.

Para pekerja di bidang farmasi industri menerima kisaran gaji mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 perbulannya.

Dunia pendidikan

Prospek kerja farmasi yang kedua adalah kamu bisa bekerja di dunia pendidikan nih. Khususnya buat kamu yang memiliki minat dalam bidang pendidikan, kamu juga bisa menjadi guru atau dosen yang fokus di mata kuliah jurusan farmasi.

Namun, untuk menjadi seorang dosen, kamu harus menempuh pendidikan minimal S2 di bidang farmasi karena peluang kerjamu sebagai dosen di bidang farmasi sangat dibutuhkan loh. Besaran gaji yang akan kamu terima pada umumnya tergantung dari jam mengajar, namun kira-kira sekitar Rp 4.000.000 perbulan tanpa tunjangan dan lain sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Administrasi Negara

Lembaga Pemerintah

Prospek kerja farmasi berikutnya adalah kamu bisa bekerja di lembaga pemerintahan. Sebagai mahasiswa lulusan farmasi, tentunya untuk bisa bekerja di lembaga resmi pemerintahan khususnya yang mengurus pelegalan obat dan makanan disebut dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah hal yang kece banget guys.

Kamu akan bersaing dengan banyak pelajar lainnya di seluruh Indonesia. Buat kamu yang ingin bekerja di BPOM, kisaran gaji yang akan kamu dapatkan adalah Rp 2.500.000 hingga Rp 16.500.000 per bulannya tergantung dengan jabatan yang kamu miliki.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan farmasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah Kota


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar