Prospek Kerja Jurusan Oseanografi
Siker.id | 08 Mar 2022 19:45


Bagikan ke
Prospek lulusan oseanografi. (siker)

siker.id - Jika kamu suka suara ombak, aroma laut, dan lebih menyukai suasana kerja di alam lepas ketimbang duduk berjam-jam dalam ruangan. Sudahkah kamu mempertimbangkan kuliah di Jurusan Oseanografi?

Asal tahu aja ya, jurusan Oseanografi sering dianggap sama dengan Ilmu Kelautan dan Perikanan atau Oseanologi, tapi keduanya beda banget. Kalau Oseanologi lebih menekankan pada studi ilmiah dan penerapannya terkait dengan perikanan, Oseanografi mengeksplor tentang berbagai fenomena laut yang diaplikasikan pada bidang rekayasa, bencana laut, mitigasi bencana, lingkungan, hingga perikanan. Bila Oseanologi termasuk dalam rumpun Ilmu Pertanian, Oseanografi lebih dekat kekerabatannya dengan Ilmu Teknik. Beda banget, kan?

Berikut ini beberapa prospek kerja oseanografi:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah Kota

Metocean Engineer

Prospek kerja oseanografi yang pertama adalah menjadi metocean engineer. Profesi yang satu ini akan menjadi profesi impian untuk mereka yang suka bekerja dengan tantangan. Biasanya profesi ini sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan minyak bumi dan gas. Kalau kamu bekerja menjadi metocean engineer, kamu akan diberikan tanggungjawab untuk meneliti dan mengambil data di laut. Data yang diambil contohnya adalah angin laut, gelombang, fenomena, dan lain sebagainya.

Nantinya data yang dikelola oleh seorang metocean engineer akan bermanfaat bagi engineer lainnya. Analisis data ini juga bisa berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan sesuai dengan cuaca serta kondisi laut. Kalau kamu bekerja di bidang ini, gaji yang bisa kamu dapatkan mencapai Rp 6,500,000 hingga Rp 9,000,000.

Ahli Ekologi

Kalau kamu bekerja sebagai ahli ekologi, kamu akan bekerja penuh di bidang makhluk hidup beserta dengan ekosistemnya. Kamu bisa menjadi ilmuwan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Ahli ekologi juga berperan untuk mengidentifikasi jika terjadi masalah pada suatu ekosistem. Kalau kamu bekerja menjadi ahli ekologi, kamu akan mendapatkan gaji sekitar Rp 5,000,000 hingga Rp 8,000,000 dan akan berkembang seiring dengan kualitas pekerjaanmu.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Konsultan Lingkungan

Profesi selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi seorang konsultan lingkungan. Kamu akan bertanggung jawab untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kerusakan di lingkungan bumi ini. Kamu harus terus mencari solusi untuk meminimalisir kerusakan lingkungan. Kisaran gaji yang akan didapatkan adalah sekitar Rp 6,000,000 hingga Rp 10,000,000.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan oseanografi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar