icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah Kota
Siker.id | 04 Mar 2022 19:30


Bagikan ke
Prospek kerja lulusan perencanaan wilayah kota. (siker)

siker.id - Adakah prospek kerja PWK selain menjadi ASN? Banyak banget, Sobat. Divisi community development di perusahaan-perusahaan besar, seperti PT. Astra Internasional, pasti membutuhkan Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota. Bahkan, developer properti yang cukup giat berkembang di tahun-tahun belakangan ini pun membutuhkan insinyur planologi di bagian perencanaan.

Ada juga, Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota yang menjalankan bisnis di bidang properti. Sobat sikers tertarik dengan peluang entrepreneurship di bidang ini?

Pada dasarnya, teknik planologi dibutuhkan baik dalam lingkup wilayah seperti perkotaan maupun konstruksi dan rancang bangun. Selama ada pembangunan, di situ teknik planologi dibutuhkan. Artinya, prospek kerja planologi terbentang luas buatmu, Sobat entah sebagai pekerja yang meniti karier ataupun entrepreneur.

Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan PWK :

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Bioteknologi

Perencanaan wilayah dan kota

Sesuai nama jurusannya, kamu bisa menjadi seorang perencana wilayah dan kota. Jenis pekerjaan yang satu ini memiliki definisi dan tanggung jawab yang luas. Kamu akan melakukan banyak survei, visitasi, hingga penelitian yang tujuan akhirnya adalah merencanakan layout wilayah dan kota.

Selain itu, kamu juga akan berhubungan dengan banyak pihak, antara lain pemerintah, pengacara, developer, masyarakat, dan ilmuwan sosial untuk membahas tentang perencanaan serta penggunaan lahan. Sebagai contoh, kamu akan melihat apakah suatu wilayah sudah layak dan cocok untuk didirikan sebuah proyek apartemen.

Konsultan

Prospek kerja lulusan perencanaan wilayah dan kota selanjutnya adalah konsultan. Konsultan yang dimaksud bisa berbagai macam, mulai dari konsultan properti, konsultan arsitek, hingga konsultan sipil. Sebagai seorang konsultan, kamu bertanggung jawab untuk memberikan gambaran tentang desain dan biaya yang diperlukan untuk mendirikan sebuah proyek dan bangunan. Selain itu, kamu juga harus memberikan informasi tentang risiko-risiko yang mungkin terjadi atas pembangunan tersebut.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Hukum

Perencana transportasi

Beberapa tahun belakangan, transportasi publik di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Sebagai contoh, Moda Raya Terpadu (MRT) mulai beroperasi pada 2019 lalu. Adapun Lintas Rel Terpadu (LRT) yang sudah mulai beroperasi dan masih terus diperluas jangkauannya. Dengan demikian, tak heran jika perencana transportasi merupakan salah satu prospek kerja lulusan perencanaan wilayah dan tata kota yang paling diincar. Seorang perencana transportasi bertanggung jawab untuk menganalisis dan menyarankan pengoperasian sistem transportasi. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengembangkan berbagai model transportasi.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan perencanaan wilayah kota. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar