Prospek Kerja Administrasi Negara
Siker.id | 07 Mar 2022 19:00


Bagikan ke
Prospek lulusan administrasi negara. (siker)

siker.id - Secara umum, Administrasi Negara / Publik (atau Public Administration) adalah program studi yang mempelajari bagaimana mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur di dalamnya.

Ilmu Administrasi Negara mempelajari seluruh proses yang dilakukan organisasi maupun perseorangan, yang berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan hukum/peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta peradilan, terutama bagaimana proses kebijakan tersebut diterapkan.

Berikut ini beberapa prospek kerja adminstrasi negara :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah Kota

Aparat Pemerintah

Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan baik di poros pusat ataupun jangkauan daerah, merupakan pekerjaan inti dari lulusan administrasi negara . Menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin, serta menyediakan solusi dari pemerintah untuk permasalahan rakyat adalah beberapa contoh kerja dari lulusan administrasi negara . Untuk itu, menjadi anggota ataupun aparat dari suatu sistem pemerintahan baik itu kecamatan, kelurahan, kabupaten bahkan kementrian pusat, adalah salah satu prospek kerja dari lulusan administrasi negara yang paling tepat serta menjanjikan.

Asisten Peneliti

Menjalankan pemerintahan tentu mengalami berbagai kendala dan masalah yang dihadapi. Begitu juga dengan fenomena – fenomena yang ditemui, khususnya yang ada di masyarakat sebagai sasaran inti dari sistem pemerintahan. Untuk mengatasi hal ini, biasanya para ahli pemerintahan melakukan suatu riset atau penelitian untuk memecahkan suatu masalah yang sekiranya dapat memperbaiki kinerja dan roda pemerintahan yang berjalan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Staf ataupun Anggota Legislatif Pusat maupun Daerah

Berpikir secara strategis untuk menentukan kebijakan pemerintahan, telah ditanamkan sejak awal pertama bagi mahasiswa administrasi negara . Selama perkuliahan, tentu mahasiswa administrasi negara mempelajari strategi - strategi khusus untuk membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera dalam membangun rakyatnya. Adapun pihak yang memiliki kewenangan untuk menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah secara inti ialah anggota legislatif bersama staf – stafnya.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan administrasi negara. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar