Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tahapan Terbentuknya Culture Shock
Siker.id | 03 Feb 2022 16:45


Bagikan ke
Tahapan terbentuknya culture shock. (siker)

siker.id - Gegar budaya atau culture shock adalah kebingungan atau kecemasan yang mungkin dialami seseorang ketika baru saja berpindah ke wilayah baru atau sedang mengalami penyesuaian budaya baru.

Culture shock adalah sebuah gangguan pada semua hal yang biasa dihadapi di tempat asal menjadi sangat berbeda dengan hal baru yang dihadapi di tempat atau lingkungan baru dan asing.

Culture shock adalah keadaan yang terjadi ketika seseorang terputus dari lingkungan dan budaya yang telah dikenalnya sejak lahir saat pindah atau bepergian ke lingkungan baru. Culture shock adalah sebuah hal yang lumrah terutama saat seseorang sedang berada di lingkungan baru atau tempat yang jauh dari tempatnya berasal. Namun, culture shock dapat menyebabkan kebingungan, kecemasan, atau ketidakpastian.

Berikut ini tahapan-tahapan terjadinya culture shock!

Baca juga: 4 Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Sulit

The Honeymoon Stage

Tahap pertama dikenal sebagai fase bulan madu. Fase ini terjadi karena umumnya orang akan senang berada di lingkungan baru. Mereka sering melihatnya sebagai sebuah petualangan.

Jika seseorang sedang dalam kunjungan singkat, kegembiraan awal ini dapat menentukan seluruh pengalaman mereka. Namun, fase bulan madu bagi mereka yang melakukan perjalanan jangka panjang akhirnya akan segera berakhir, walaupun biasanya mereka mengharapkannya bertahan lebih lama.

The Frustration Stage

Secara umum, seseorang mungkin akan semakin kesal dan bingung ketika kegembiraan awal mereka di lingkungan baru memudar. Timbul kelelahan secara bertahap yang dapat diakibatkan oleh kesalahpahaman tentang tindakan, percakapan, atau cara orang lain melakukan sesuatu.

Akibatnya, seseorang bisa merasa kewalahan oleh budaya baru pada tahap ini, terutama jika ada kendala Bahasa dan akhirnya membuat frustasi.

Frustasi biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan untuk berkomunikasi secara efektif.

Baca juga: Berikut 5 Ciri Lingkungan Kerja yang Positif

The Adaptation Stage

Tahap adaptasi seringkali terjadi secara bertahap, karena seseorang merasa lebih nyaman di lingkungan baru. Perasaan dari tahap frustasi mulai mereda karena mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan baru itu. Meskipun mereka mungkin masih belum memahami isyarat-isyarat tertentu dalam budaya baru tersebut, tapi mereka sudah merasa lebih familiar dan bisa menafsirkan beberapa hal dengan lebih mudah.

The Acceptance Stage

Pada tahap penerimaan atau pemulihan ini, seseorang akan lebih mampu menjalani keadaan gegar budaya dan menikmati lingkungan baru tersebut. Umumnya, kepercayaan terhadap lingkungan baru telah meningkat sehingga seseorang dapat lebih meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Sekian artikel tentang tahapan terjadinya culture shock. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Anda di Lingkungan Kerja Toxic


Editor: Theo Adi -

     

Komentar