Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini Tugas Wajib Staff Pajak, Cek Yuk !
Siker.id | 20 Nov 2021 09:15


Bagikan ke

siker.id - Tax officer atau staf pajak adalah orang yang bertugas melakukan segala pencatatan, pembayaran, pelaporan, hingga pengawasan proses administrasi yang berkaitan dengan pajak suatu perusahaan.

Pegawai di bidang perpajakan biasanya bekerja pada divisi atau departemen keuangan, salah satu bagian terpenting dalam suatu struktur perusahaan.

Sebenarnya, seberapa penting keberadaan tax officer pada sebuah perusahaan? Apa saja tugas mereka dan bagaimana cara membuat departemen pajak kantor Anda bekerja efisien? Simak artikel ini untuk lihat jawabannya.

Baca juga:  Berikut Peluang Kerja Lulusan Arkeologi

Berikut ini rincian beberapa tugas staf pajak yang perlu Anda ketahui:

1. Menghitung potensi pajak

Dalam satu periode sekali, suatu perusahaan harus melaporkan dan menyetorkan pajak yang ditanggung dan dibebankan kepada direktorat jenderal pajak. Nah, agar bisa tahu berapa potensi pajak yang harus ditanggung dalam satu periode akuntansi maka staf akuntansi pajak diperlukan.

Ia harus menghitung berapa pendapatan perusahaan, berapa biaya operasional dan biaya lain – lain yang harus di keluarkan oleh perusahaan dan juga biaya pengelolaan, pengadaan barang, modal kembali, dan biaya – biaya lainnya. Semua itu menjadi dasar penghitungan pajak suatu perusahaan.

2. Mencatat Data Transaksi Bisnis Perusahaan

Pada dasarnya perpajakan merupakan bagian dari keuangan atau akuntansi, sehingga tak jarang juga, seorang tax officer ditugaskan membuat atau mencatat data pembelian, penjualan, hingga pembayaran customer serta supplier.

Hal ini terjadi, lantaran data-data tersebut juga berkaitan dengan pajak. Contohnya, data pembelian atau penjualan yang membuat pihak perusahaan menjadi pemotong atau pemungut pajak (withholding tax) dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan PPNBM untuk penjualan barang mewah.

3. Membuat Rencana Strategi Pajak Perusahaan

Rencana adalah bagian yang tak boleh terlewatkan. Sebab dengan adanya hal ini maka perusahaan pun jadi mengerti akan nominal besaran pajak, yang perlu dibayar segera. Sehingga perusahaan pun dapat bersiap terlebih dahulu, agar proses pembayaran tersebut lancar.

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Agroteknologi

Adapun dengan rencana, maka perusahaan juga dapat terhindar dari yang namanya sanksi atau denda keterlambatan pembayaran pajak. Bagian ini adalah yang termasuk menguntungkan, karena perusahaan akan bisa bebas dari yang namanya pemborosan dengan perihal yang kurang penting.

4. Membuat Laporan Keuangan

Segala laporan keuangan baik itu komersial dan fiskal memang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang staff pajak.

Untuk akuntansi fiskal maka adanya pendapatan adalah masuk penghasilan, maka kedua ini mempunyai arti yang sama. Namun dalam akuntansi komersial, maka penghasilan beda dari pendapatan.

5. Melaporkan dan Membayar Pajak dengan Waktu yang Sesuai

Inilah tugas yang paling sering orang umum ketahui, sebab memang bagian tugas inilah yang termasuk juga tugas utama terpentingnya. Mengapa begitu? Hal ini disebabkan, seorang staff bagian pajak pun harus punya tingkat disiplin yang kuat. Serta keahlian pengetahuan yang tepat supaya perusahaan tak terkena sanksi denda tertentu.

Sekian artikel tentang Begini Tugas Wajib Staff Pajak, Cek Yuk !. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Prospek Pekerjaan Prodi Pendidikan Pariwisata, Selengkapnya

 


Editor: Bagus -

     

Komentar