Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Cara Menjadwalkan Ulang Wawancara Profesional
Siker.id | 19 Dec 2023 15:00


Bagikan ke
ilustrasi wawancara (siker.id/dok.freepik)

siker.id - Wawancara dalam dunia kerja adalah langkah penting untuk mempertimbangkan kandidat yang tepat. Namun, biasanya keadaan tak terduga memaksa kita untuk menjadwalkan ulang wawancara. Baik karena alasan pribadi atau profesional, langkah ini perlu dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan kesopanan. Proses ini memerlukan pendekatan yang profesional agar tidak hanya efektif tetapi juga mencerminkan komitmen dan rasa hormat terhadap waktu semua pihak yang terlibat. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk menjadwalkan ulang wawancara secara profesional.

Baca juga: Kualitas Kepemimpinan yang Baik

1. Berikan Pemberitahuan Secepatnya

Ketika situasi yang memerlukan penjadwalan ulang muncul, berikan pemberitahuan secepatnya kepada semua pihak yang terlibat. Ini mencakup calon karyawan dan pihak yang terlibat dalam proses wawancara. Memberikan pemberitahuan dini memberi kemudahan bagi semua orang untuk menyesuaikan jadwal mereka.

2. Tunjukkan Alasan yang Jelas

Jelaskan alasan di balik penjadwalan ulang dengan jelas dan transparan. Apakah ada keadaan darurat, kebutuhan mendesak, atau faktor lain yang membuat perubahan jadwal diperlukan? Menunjukkan transparansi membantu menciptakan pemahaman dan menghindari ketidaknyamanan.

3. Tawarkan Fleksibilitas Alternatif

Saat menjadwalkan ulang wawancara, tawarkan opsi jadwal alternatif. Ini memperlihatkan bahwa  menghargai waktu dan ketersediaan semua pihak terlibat. Fleksibilitas dalam penjadwalan juga dapat membantu menciptakan situasi yang nyaman bagi semua orang.

Baca juga: 4 Keterampilan Wawancara yang Perlu Diasah

4. Gunakan Metode Komunikasi yang Sesuai

Pilih metode komunikasi yang sesuai untuk memberi tahu pihak terkait tentang perubahan jadwal. Penggunaan email, pesan teks, atau panggilan telepon tergantung pada preferensi dan kebijakan perusahaan. Pastikan pesan yang disampaikan jelas dan mudah dimengerti

5. Konfirmasi Ulang Secara Tertulis

Setelah jadwal baru disepakati, konfirmasikan ulang secara tertulis. Kirim email atau pesan konfirmasi untuk memastikan semua pihak memiliki catatan yang jelas tentang perubahan jadwal yang telah dibuat.

6. Hindari Penjadwalan Ulang yang Terlalu Sering

Usahakan untuk menghindari penjadwalan ulang yang terlalu sering, kecuali memang ada keadaan darurat atau kebutuhan mendesak. Penjadwalan ulang yang terlalu sering dapat memberikan kesan kurang profesional dan kurang menghargai waktu orang lain.

Dalam dunia profesional, kesopanan, ketepatan waktu, dan komunikasi yang baik sangatlah penting. Meskipun terpaksa menjadwalkan ulang wawancara, sikap  dalam menghadapinya dapat memberikan kesan yang baik kepada calon atasan . Teruslah berkomunikasi secara terbuka dan tetaplah fokus pada kesempatan yang ada.

Baca juga: Keuntungan Datang Lebih Cepat ke Kantor

Selamat menjalani proses wawancara dan semoga berhasil!


Editor: Eka Sari Mukti -

     

Komentar