Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips agar Lolos Wawancara Sesi Terakhir
Siker.id | 03 Nov 2021 13:25


Bagikan ke

Sebagai salah satu tahapan untuk mendapat kerja, proses wawancara terakhir dan menentukan yang kerap ditakuti para jobseeker adalah interview user.

Pada tahap interview satu ini, jobseeker akan diwawancara secara langsung oleh orang yang akan menjadi atasan mereka.

Meskipun terkesan mengerikan, persiapan yang matang dapat menjadi titik balik kesuksesanmu dalam mendapatkan minat sang calon atasan.

Nah, oleh karena itu, berikut adalah tujuh hal yang perlu kamu perhatikan ketika agar bisa lolos dan sukses menghadapi interview user. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa yang harus dilakukan supaya sukses di wawancara final? Begini tipsnya!

Baca juga: Apa Beda Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama?

1. Datang tepat waktu

Poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah ketepatan waktu. Sebenarnya, aspek satu ini juga penting saat kamu melamar kerja mulai dari tahap tes hingga proses-proses selanjutnya interview user.

Akan tetapi, saat wawancara user, datang terlambat merupakan sebuah hal yang sangat berbahaya karena dapat memberikan impresi pertama yang buruk kepada calon atasan

Membuat interviewer menunggu adalah sebuah kondisi terburuk yang bisa terjadi saat interview. Maka dari itu, cobalah untuk mengetahui lokasi serta keadaan lalu lintas di sekitar perusahaan tempat kamu mendaftar.

Usahakan untuk datang 30 menit lebih awal. Dengan itu, impresi user padamu akan baik dan kamu memiliki waktu tambahan untuk bersiap tanpa perlu tergesa-gesa.

2. Sopan santun

Sebelum masuk dalam lingkungan kerja, tentu saja kamu tidak akan bisa menerka lingkungan seperti apa yang akan kamu masuki.

Beberapa perusahaan mungkin mempunyai lingkungan yang friendly, tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan menemukan tempat kerja yang kurang menyenangkan.

Kendati demikian, sebagai pekerja profesional, kamu dituntut untuk memiliki sikap sopan santun di lingkungan kerja.

3. Berpakaian rapi

Jika Anda berada di industri kreatif dan lingkungan tempat Anda akan bekerja cenderung berpakaian santai, Anda dapat mengikuti gaya tersebut tentu saja dengan tetap menampilkan ciri khas Anda.

Baca juga: Apa Itu Perselisihan Hubungan Industrial?

4. Tinjau Informasi Tentang Perusahaan

Ingatkan diri Anda sendiri tentang tujuan dan pencapaian perusahaan, dan masalah yang mereka sedang coba selesaikan, misalnya, membangun imej, masuk ke segmen pasar baru, dll. Jika Anda mempunyai informasi mengenai hal ini, Anda jadi punya bahan diskusi dan obrolan yang nyambung di wawancara final.

5. Bawa Resume Ekstra dan Dokumen Lain yang Diperlukan

Jika Anda memiliki portofolio pekerjaan, jangan lupa untuk membawanya, meskipun pewawancara sebelumnya sudah melihat contoh karya Anda. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan mendapat kesempatan untuk menarik perhatian mereka yang akan membuat semua perbedaan dalam keputusan untuk memilih Anda atau tidak.

6. Bawalah Daftar Referensi

Pastikan semua orang dalam daftar referensi Anda siap menerima panggilan telepon mereka dan akan mengatakan sesuatu yang positif tentang pekerjaan Anda.

7. Ajukan Pertanyaan Tambahan Tentang Perusahaan dan Posisi

Ini seharusnya adalah pertanyaan yang tidak dapat Anda temukan jawabannya sendiri melalui pencarian daring. Misalnya, sekarang bukan waktunya untuk menanyakan pertanyaan dasar manajer perekrutan tentang tujuan jangka panjang perusahaan. Anda seharusnya sudah menanyakan pertanyaan itu pada tahap awal proses wawancara. Namun, jika subjek muncul pada wawancara sebelumnya, dan Anda perlu mengklarifikasi suatu poin, ini adalah kesempatan yang bagus.

Bagaimana, siap untuk sukses di wawancara final?

Baca juga: Manfaat Bergabung di Komunitas Lowongan Kerja

Sekian Artikel Tentang Tips agar Lolos Wawancara Sesi Terakhir. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar