Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya
Siker.id | 04 Nov 2021 13:15


Bagikan ke

siker.id - Beberapa perusahaan lebih suka menggunakan wawancara kerja lewat telepon dibandingkan wawancara face-to-face (tatap muka) pada langkah pertama penyaringan kandidat yang telah melamar sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, wawancara teleon menjadi sebuah langkah penting di dalam mencapai lebih dekat diterima, karena ini artinya bahwa Anda setidaknya diperhitungkan untuk panggilan telepon, diluar ribuan resume yang diterima perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Ini perlu diambil serius kemudian dan pastikan Anda membuat kesan yang benar bahkan jika tidak dilakukan interaksi secara tatap muka.

Baca juga: Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang PHK!

Persiapan

Persiapkan untuk sebuah wawancara telepon dengan sama seriusnya ketika Anda akan bertemu seseorang secara langsung. Teliti perusahaan yang dimaksud dan baca deksripsi pekerjaan dan pastikan kartu contekan dengan jawaban untuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan.

Pastikan Anda mengangkat telepon

Anda tentu harus berhasil mengangkat telepon untuk wawancara kerja. Anda perlu siaga dan mempersiapkan diri.

Carilah tempat yang tenang dimana Anda bisa merasa nyaman dan tidak terganggu. Jika Anda sedang di luar rumah, carilah tempat yang tidak bising.

Jika Anda sedang bekerja, jangan angkat telepon ini di tempat kerja Anda. Atasan atau rekan kerja Anda bisa menganggu bahkan mengetahui bahwa Anda mencari pekerjaan baru.

Buat catatan saat wawancara

Jika memungkinkan, buatlah catatan selama atau setelah telepon selesai dengan segera. Catatlah nama dan jabatan orang yang menelpon Anda.

Anda juga perlu mencatat berkas atau tugas yang perlu Anda siapkan selama seleksi pekerjaan. Catat segala informasi penting.

Anda juga perlu mencatat pertanyaan yang tidak bisa Anda jawab selama wawancara, hal-hal yang membuat pewawancara kecewa atau pertanyaan yang diajukan pewawancara.

Anda tetap harus fokus untuk memberikan jawaban yang baik daripada menulis catatan. Jika Anda kesulitan, Anda bisa menulis catatan dengan segera setelah telepon berakhir.

Catatan akan membantu Anda untuk mempersiapkan wawancara tatap muka ataupun tahapan seleksi berikutnya.

Baca juga: Jika Ditanya Alasan Melamar Pekerjaan, Jawab dengan Ini !

Persiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan umum

Jawaban ya dan tidak selama wawancara kerja lewat telepon akan mengakhiri wawancara dengan cepat. Di samping itu, jawaban ini tidak akan membuat Anda nampak menarik.

Siapkan jawaban yang akan Anda berikan untuk pertanyaan-pertanyaan wawancara yang umum. Anda juga perlu berlatih menjawab pertanyaan umum mulai sekarang.

Dengan persiapan yang matang, Anda bisa siap menghadapi wawancara kerja lewat telepon bahkan yang tidak terencana.

Gambarkan dengan kata-kata dan ceritakan kontribusi Anda atau hasil yang telah Anda capai. Jawaban ini bisa membuat Anda terlihat lebih menarik dari kandidat lain.

Tanyakan tahapan berikutnya

Jangan menutup telepon tanpa mencari tahu tahap seleksi berikutnya. Terkadang pewawancara mulai mengakhiri wawancara namun tidak membicarakan tahapan seleksi berikutnya. Pada saat seperti ini Anda yang harus bertanya.

Anda harus bertanya mengenai tahapan seleksi berikutnya. Perlihatkan bahwa Anda antusias untuk menjalani tahapan seleksi berikutnya.

Anda juga bisa menanyakan di mana Anda akan mendapatkan hasil wawancara. Apakah dikirim melalui email, sms atau hanya melalui website perusahaan.

Jika memungkinkan, Anda bisa meminta kontak orang yang bisa Anda hubungi terkait seleksi tersebut.

Ucapkan terima kasih

Sebelum telepon benar-benar ditutup, pastikan Anda telah mengucapkan terima kasih kepada pewawancara.

Anda juga bisa mengirim ucapan terima kasih setelah wawancara kerja lewat telepon berakhir. Hal ini memang tidak begitu umum, tapi lakukan jika memungkinkan.

Anda bisa mengirimkannya melalui email segera setelah wawancara telepon berakhir. Ini akan menunjukkan sopan santun sekaligus memberi nilai positif bagi Anda.

Baca juga: Apa Saja Hak Jaminan Sosial dalam Dunia Kerja?

Sekian Artikel Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

 


Editor: Bagus -

     

Komentar