Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Interview Melalui Media Chatting
Siker.id | 04 Feb 2022 21:00


Bagikan ke
Interview melalui media chatting. (siker)

siker,id - Sah saja terjadi kok! Apalagi dengan situasi yang mendesak. Meskipun terdengar sangat memberi kemudahan, kecanggihan teknologi serta pentingnya efisiensi waktu terkadang mampu merubah sebuah pola yang ada di dunia kerja. Salah satunya dalam hal wawancara kerja.

Jika dulu kita terbiasa untuk bertatap muka langsung ketika interview, sekarang setidaknya ada beberapa alternatif yang dipakai perusahaan untuk menemukan karyawan barunya. Mulai dari Interview melalui video call, phone call, hingga pesan teks. Ada beberapa hal ataupun tips yang harus Anda perhatikan.

Berikut ini beberapa tips untuk interview via chatting:

Baca juga: Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya

Penggunaan Bahasa

Anda tetap harus menggunakan bahasa yang formal selayaknya Anda berbicara. Jangan menyingkat kalimat ataupun kata seperti Anda melakukannya dengan teman ataupun percakapan biasa lainnya.

Fokus

Jangan melakukan multi tasking apalagi mengobrol dengan orang lain selain sang user. Bisa-bisa tanpa Anda sengaja Anda bisa salah membalas chatting. Bila ini terjadi tentunya akan terkesan sangat tidak profesional sekali. Mungkin saja anda dianggap tidak punya etika saat ingin fokus ke dunia kerja.

Tetap Serius

Jangan menganggap remeh wawancara via chatting ini. Anda tetap harus serius menanggapi dan melakoninya. Jangan sampai user menangkap ketidakseriusan dalam tulisan Anda. Misalnya Anda lama membalas ataupun Anda melakukannya sambil makan. Walaupun tidak kelihatan secara fisik Anda tetap harus melakukannya seolah-olah Anda sedang berhadapan dengan user.

Baca juga: Begini Pertanyaan Seputar Wawancara Kerja, Simak Yuk !

Konsentrasi

Anda perlu konsentrasi jangan sampai Anda typo. Walaupun typo itu manusiawi terjadi namun bukan jadi alasan kalau Anda bisa mengendorkan sikap awas Anda. Berhati-hatilah ketika hendak mengetik jawaban jangan sampai Anda salah ketik lalu terkirim. Walaupun memang terjadi Anda harus segera memperbaikinya disertai permintaan maaf.

Jangan Terlalu Unyu

Seperti yang kita tahu ada banyak aplikasi yang bisa membuat model chatting kita menarik. Nah, Anda jangan terlalu banyak bermain di aplikasi tersebut. Misalnya membuat hurufnya jadi berwarna dengan model huruf yang susah dibaca. Yang standard sajalah jangan terlalu berlebihan. Anda tidak sedang melakukan percakapan dengan teman.

Sekian artikel tentang tips interview via media chatting. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Fatal ! Jangan Lakukan Hal Ini saat Wawancara


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar