Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Pentingnya FGD Dalam Proses Rekrutmen?
Siker.id | 18 Nov 2021 14:00


Bagikan ke
FGD (Focus Group Discussion) merupakan salah satu dari proses recruitment. (siker)

siker.id - FGD atau focus group discussion adalah salah suatu teknik yang bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan di dalam dunia kerja. Baik itu sebagai suatu tahapan di dalam rekrutmen karyawan baru ataupun untuk melakukan riset pasar saat sedang ingin mengembangkan produk. Dalam artikel ini akan lebih memfokuskan pada salah satu proses rekrutmen yang mana salah satunya adalah FGD.

Baca juga: Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya

Pengertian FGD

FGD adalah suatu teknik diskusi yang digunakan oleh peneliti/rekruter untuk mengumpulkan sekelompok orang atau kandidat, lalu dalam kelompok itu membahas satu topik secara spesifik. Dalam dunia rekrutmen pembahasannya biasanya seputar dunia kerja atau masalah yang sedang dihadapi perusahaan itu. Dari hasil FGD ini, peneliti/rekruter biasanya akan mengambil kesimpulan dari pendapat seputar topik yang dibahas. Diskusi ini akan dipimpin oleh satu orang dan biasanya dijalankan secara informal. Hal ini dilakukan agar peserta tidak merasa tertekan untuk menyampaikan pendapat mereka. Nah, penentuan kandidat sendiri dari sini biasanya didasarkan oleh berbagai macam pertimbangan seperti keaktifan, pemberian solusi melalui suatu pendapat, dan kesesuaian pendapat dengan pembahasan.

Tujuan Dilakukannya FGD

Proses FGD ini memiliki tujuan yaitu dimana ingin menyamakan suatu persepsi terhadap suatu isu atau topik yang sedang dibahas serta untuk mencari tahu solusi atas topik tersebut. Jika FGD dilakukan dalam proses rekrutmen maka tujuan utama FGD adalah untuk mengetahui karakter seorang kandidat secara lebih dalam. Dalam sesi diskusi ini, biasanya ada satu contoh kasus yang diberikan. Orang yang menjadi fasilitator akan melihat bagaimana cara tiap kandidat menyelesaikannya. Mereka juga akan meneliti jenis solusi yang dipilih oleh kandidat serta tingkat efektivitasnya. Dari hasil FGD ini, akan terlihat potensi setiap kandidat dan tingkat kecocokan mereka untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Karakteristik FGD

1. Adanya Seorang Fasilitator dari Perusahaan

Tugas dari fasilitator di dalam focus group discussion adalah menentukan jalannya diskusi yang sedang dilakukan., mereka mempunyai hak untuk mendorong para peserta yang dianggapnya pasif agar lebih mau mengungkapkan pendapatnya. Fasilitator juga memiliki hak menghentikan peserta yang dinilai terlalu dominan.

Baca juga: Begini Pertanyaan Seputar Wawancara Kerja, Simak Yuk !

2. Kandidat Pelamar Dibagi Dalam Kelompok

Perlu Anda ketahui bahwa semakin banyak individu dalam satu kelompok akan semakin baik. Idealnya, jumlah individu yang terdapat di dalam satu kelompok terdiri dari 6 – 8 individu, namun, bisa juga terdiri dari 12 – 15 individu. Hal ini tergantung pada topik yang saat itu sedang dibahas.

3. Peserta Memiliki Kesamaan Suatu Hal

Di dalam focus group discussion, setiap kandidat karyawan nantinya akan memperoleh selembar kertas yang isinya suatu studi kasus yang harus dibicarakan bersama dalam kelompok. Umumnya, topik ini sudah ditentukan terlebih dahulu oleh moderator ataupun pihak perusahaan., sehingga, hasilnya nanti akan cenderung homogen atau sama.

4. Dilaksanakan Dalam Satu Ruangan

Hal ini harus dilakukan agar bisa menciptakan suasana serius – santai. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk membuat para kandidat tidak merasa takut dan menyatakan pendapatnya, walaupun baru mengenal peserta diskusi lainnya ketika melakukan focus group discussion.

5. Durasi Berlangsungnya FGD

Dalam melakukan focus group discussion, durasi juga menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh para peserta diskusi, karena tema atau isu sudah ditentukan dan peserta diskusinya adalah lebih dari dua orang.

Beda FGD Dan Wawancara Kerja

Bedanya wawancara kerja dan focus group discussion adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Peserta

Peserta dalam FGD biasanya 4-15 orang. Bila dalam wawancara kerja hanya ada 1 orang kandidat dan diwawancarai oleh 1 orang recruiter.

2. Hal yang Ditanyakan

Dalam FGD focus utama adalah diberikan satu isu atau permasalahan dan masing-masing peserta akan memberikan pendapat sesuai dengan tema diskusi itu. Bila dalam wawancara kerja yang ditanyakan adalah hal-hal sederhana dan berkaitan dengan dunia kerja.

3. Hasil Akhir

Dalam hasil akhir untuk FGD adalah data dari tiap peserta yaitu dari jawaban peserta, pola pikir dan keaktifannya yang menentukan Langkah selanjutnya. Sedang dalam wawancara tergantung dari recruiter apakah merasa cocok denga napa yang dijawab calon karyawan atau tidak. Bila cocok bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.

Sekian artikel tentang apa itu FGD. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Fatal ! Jangan Lakukan Hal Ini saat Wawancara


Editor: Theo Adi -

     

Komentar