Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Perbedaan Magang dan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Siker.id | 29 Aug 2023 16:32


Bagikan ke
ilustrasi magang pkl (siker / doc.freepik)

siker.id - Magang dan praktek kerja lapangan (PKL) adalah kegiatan praktik kerja yang terjun langsung di lapangan sesuai bidang yang ditempuh dalam jangka waktu tertentu. Meskipun terdengar sama, sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. 

Baca juga: Perhatikan 6 Tips ini untuk Memilih Tempat Magang yang Tepat

Berikut adalah perbedaan antara magang dan PKL di Indonesia:

1. Perjanjian Formal
Magang melibatkan perjanjian formal antara pemberi kerja dan peserta magang, sedangkan PKL tidak melibatkan perjanjian formal.

2. Sumber Daya Manusia
Peserta magang biasanya merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi, sedangkan peserta PKL bisa berasal dari siswa SMK atau mahasiswa.

3. Pengawasan
Peserta magang umumnya mendapatkan pengawasan langsung dari supervisor atau mentor di perusahaan, sedangkan peserta PKL mendapatkan pengawasan dari guru atau dosen pembimbing.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Perpanjang Periode Magang

4. Tujuan dan Manfaat
Tujuan magang adalah untuk memberikan pengalaman kerja yang lebih mendalam dan meningkatkan keterampilan peserta, sedangkan tujuan PKL adalah untuk memberikan pengalaman kerja dan meningkatkan kemampuan siswa dalam dunia industri.

5. Lama Waktu
Durasi magang umumnya lebih lama daripada durasi PKL. Lama waktu kegiatan magang selama beberapa bulan atau tahun, sementara PKL berjangka waktu beberapa minggu atau bulan saja.

6. Tanggungjawab
Peserta magang biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam tugas yang diberikan, sedangkan peserta PKL memiliki tanggung jawab yang lebih kecil.

7. Kompensasi
Meskipun tidak semua perusahaan yang menyediakan magang atau PKL menawarkan gaji atau uang saku, namun saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikannya.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan di Tempat Magang

Dari perbedaan-perbedaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa magang lebih ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman kerja yang lebih mendalam dan meningkatkan keterampilan, sedangkan PKL lebih ditujukan untuk siswa SMK atau mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan dalam dunia industri. Namun, keduanya sama-sama memberikan manfaat bagi peserta seperti meningkatkan keterampilan dan pengalaman kerja, serta memperluas jaringan dan kesempatan kerja di masa depan.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar