3 Kesalahan yang Sering Dilakukan di Tempat Magang
Siker.id | 23 May 2022 11:30


Bagikan ke
Kesalahan ditempat magang (siker)

siker.id - Magang bisa jadi pengalaman berharga karena kamu bisa belajar untuk bertindak dan tampil layaknya seorang profesional di dunia kerja. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan, keterampilan, dan kesempatan untuk terjun langsung ke industri serta manajemen perusahaan. Sayangnya, peluang magang kerap kali kurang dimanfaatkan oleh pesertanya secara maksimal. Berbagai manfaat magang bisa saja terlewatkan karena peserta melakukan banyak kesalahan fatal, seperti dalam penjelasan berikut ini!

Baca juga: 3 Manfaat Utama Program Magang buat Perusahaan

Menolak pekerjaan yang terkesan sepele

Selama menjalani magang, mungkin kamu akan menemukan beberapa tugas yang gak kamu sukai, misalnya tugas pengarsipan dan input data yang terkesan membosankan. Sebaiknya, jangan menolak pekerjaan-pekerjaan dasar dan berharap langsung diberi pekerjaan berat untuk menunjukkan etos kerja. Atasan memberikan pekerjaan yang ringan sebagai bentuk adaptasi. Setelah menyelesaikannya, kamu bisa meminta diajarkan pekerjaan lain yang lebih menantang.

Gak mematuhi aturan berpakaian

Saat kuliah, mungkin kamu memiliki kelonggaran dalam berpakaian. Namun, saat menjalani program magang, kamu sebaiknya tampil profesional. Mungkin beberapa perusahaan mempunyai aturan dress code setiap harinya, seperti kemeja atau batik. Jika kamu gak yakin bagaimana cara berpakaian, lihat karyawan yang lain atau bertanya pada supervisor sebelum memulai magang.

Baca juga: 3 Tips Mencari Informasi tentang Magang

Gak menjalin hubungan baik dengan mentor dan rekan kerja

Menjalin hubungan baik sangat penting untuk mendapatkan hasil magang yang maksimal. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dari mentor dan rekan kerja. Mereka juga akan berbagi pengalaman mereka saat kuliah hingga mendapat pekerjaan yang layak. Setelah magang selesai, kamu juga disarankan untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Bisa saja mereka akan memberikanmu informasi bila suatu saat perusahaan membuka lowongan pekerjaan.

Sekian artikel tentang kesalahan yang sering dilakukan ditempat magang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Manfaat Adanya Program Magang Bagi Perusahaan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar