Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Perpanjang Periode Magang
Siker.id | 02 Mar 2023 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi Magang (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Pegawai magang yang memiliki keterampilan dan menunjukan potensi umumnya akan dipertahankan lebih lama dan ditawarkan periode magang lanjutan. Jika kamu pernah mendapat penawaran perpanjangan magang, bisa jadi kinerjamu oke bagi perusahaan. Namun, penawaran tersebut sering membuat galau karena kamu mungkin ingin mencoba pengalaman ditempat lain atau ada tujuan yang ingin dicapai. Sebelum kamu memutuskan untuk memperpanjang kontrak magang, perhatikan hal-hal ini:

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Tidak Menunda Pekerjaan

1. Pertimbangkan beban kerja

Perhatikan lagi beban kerja yang didapatkan pada periode sebelumnya. Evaluasi performa dan kemampuanmmu dalam mengatur waktu, kemudian pertimbangkan dengan beban kerja yang akan kamu dapatkan di periode selanjutnya. Pastikan kamu memiliki pengaturan waktu dan jadwal yang sudah disesuaikan dengan prioritas agar tidak merasa keteteran saat menjalaninya.

2. Lihat skill dan pengalaman yang didapat

Buatlah list ekspektasi terkait skill dan pengalaman yang ingin kamu dapatkan sebelum magang dan evaluasi sesuai dengan apa yang sudah kamu dapat. Jika tidak sesuai namun kamu masih ingin lanjut magang, komunikasikan dengan mentormu agar kamu bisa mengeksplore jobsdesc baru.

Baca juga: Kerja Lembur Karena Nggak Bisa Atur Waktu?

3. Lingkungan di dalam perusahaan

Pertimbangkan bagaimana budaya perusahaan, karakter rekan kerja dan tipe atasan. Hal ini harus jadi pertimbangan karena bekerja bukan hanya sekedar mengerjakan jobdesc saja namun juga ada hubungan sosial dan koordinasi didalamnya.

4. Tujuan karir

Ketahui apa yang menjadi tujuan karirmu dan apa ingin kamu dapatkan dari magang tersebut. Ketahui apakah kamu sudah mendapatkannya atau belum dan bandingkan dengan tujuan karir yang ingin kamu capai. Memeperpanjang kontrak magang memang tidak ada salahnya, namun kamu juga tidak bisa seterusnya menjadi anak magang. Oleh karena itu pastikan kamu mendapat skill dan nilai agar bisa mendapat kesempatan yang lebih baik.

Intinya, kamu harus mengetahui bagaimana kondisi diri sendiri dan kondisi perusahaan. Tuliskan kelebihan dan kekurangan jika kamu memutuskan untuk lanjut/berhenti lalu sertakan juga berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Dalam membuat keputusan, kamu harus bijak dan pintar dan jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk berkembang entah itu ditempat magang saat ini atau ditempat baru. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengatasi Insecure Saat Baru Masuk Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

TAG :

Komentar