Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Menjadi Insinyur? Begini Penjabarannya!
Siker.id | 13 Oct 2022 15:22


Bagikan ke
Insinyur (siker)

siker.id – Pastinya kamu tidak asing dengan istilah insinyur, bukan? Dilansir dari ekrut.com, insinyur ialah sebuah gelar yang dulunya diberikan untuk lulusan sarjana teknik, namun sejak tahun 1994, gelar akademik untuk lulusan sarjana teknik ini dihapuskan dan diganti dengan gelar S.T (Sarjana Teknik).

Gelar insinyur dinaikkan statusnya menjadi gelar profesi sebagaimana gelar profesi dokter (dr.), apoteker (Apt.), dokter gigi (drg.), bidan (Bd.) ners (Ns.), psikolog (Psi.), dan akuntan (Akt.).

Cara memperoleh gelar insinyur adalah dengan memenuhi standar program profesi insinyur, baik melalui program profesi maupun melalui mekanisme rekognisi pembelajaran lampau, serta lulus program profesi insinyur.

Program profesi insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi keinsinyuran.

Setelah lulus program profesi insinyur, kamu baru berhak mendapatkan sertifikat profesi insinyur dan dicatat oleh PII.

Maka dari itu, perlu dicatat bahwa gelar insinyur saat ini tidak lagi digunakan oleh perguruan tinggi sebagai gelar akademik melainkan sebagai gelar profesi.

Nah, bila kamu tertarik menjadi insinyur kamu harus memiliki beberapa skill di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi

Skill Insinyur

Pengetahuan Teknis

Skill pertama yang perlu dimiliki insinyur adalah pengetahuan teknis. Penting untuk memiliki latar belakang pendidikan yang tepat untuk menempatkan dirimu di jalur yang benar, tetapi penting juga untuk menunjukkan seberapa jauh kamu telah berkembang dan memiliki pengetahuan teknis terkini sejak meninggalkan pendidikan.

Penalaran Kritis

Skill selanjutnya yang juga harus dimiliki adalah penalaran kritis. Menggunakan pengetahuan yang kamu peroleh selama pendidikan dan karier berarti kamu harus memiliki pemahaman inti yang diperlukan untuk melihat kayu dari pohon.

Menjadi kritis memungkinkan kamu menyadari di mana nilai dalam sebuah karya dan mengevaluasi poin mana yang penting.

Baca Juga: 3 Profesi Terbaik Lulusan Teknik Mesin

Kepemimpinan

Salah satu skill yang juga dibutuhkan seorang insinyur adalah kepemimpinan. Memiliki skill kepemimpinan adalah salah satu cara menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu memiliki kualitas utama dalam dunia keinsinyuran modern dan bisa memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Interpersonal

Keterampilan yang juga penting dimiliki oleh seorang insinyur adalah kemampuan interpersonal. Kolaborasi dan kerja tim adalah bagian penting dari banyak proyek.

Kemampuan untuk membangun hubungan baik dalam tim dapat menjamin keberhasilan atau kegagalan banyak proyek.

Nah, itu tadi artikel mengenai insinyur yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektro Untuk Wanita


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar