3 Profesi Terbaik Lulusan Teknik Mesin
Siker.id | 16 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Teknik mesin adalah salah satu jurusan dengan prospek kerja yang sangat luas. Lulusan ini bisa masuk hampir ke semua industri yang ada. Selama kuliah kamu akan mempelajari banyak hal, tentang mesin hingga semua yang bergerak secara mekanis.

Penasaran bukan dengan prospek kerja apa saja lulus dari teknik mesin? Simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Peluang Profesi Lulusan Sarjana Hukum

1. System analyst

 

Bagi orang awam, system analyst dikenal sebagai pekerjaan untuk orang IT saja. Padahal, salah satu prospek kerja lulusan teknik mesin adalah sebagai system analyst

Ketika kuliah jurusan teknik mesin, kamu akan mempelajari teknik analisis yang akan berguna di dunia kerja. Contohnya adalah sistem mesin pengolah susu atau bahkan sampai mesin industri baja.

2. Teknisi dan operator mesin

Sebagai teknisi, kamu akan mengoperasikan mesin dan melakukan perawatan, memperbaiki jika ada kerusakan, dan menyiapkan sampai ke spare part-nya. 

Baca juga : Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat

Hampir semua perusahaan yang memproduksi barang membutuhkan seorang teknisi untuk menjalankan mesin dan memastikan proses produksi berjalan dengan efektif.

3. Industri bioteknologi

Kamu bisa bekerja di industri bioteknologi, lho. Sebelum revolusi industri 4.0, terdapat revolusi industri 3.0 yang memungkinkan dijalankannya penelitian bioteknologi. 

Melansir BIO, bioteknologi adalah teknologi yang membantu peningkatan kualitas hidup manusia dan memanfaatkan tenaga dari bumi untuk menciptakan produk sehari-hari. Biasanya, lulusan teknik mesin dibutuhkan di bidang ini untuk membuat alat kedokteran, farmasi, dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja yang menarik untuk para sarjana teknik mesin, semoga bermanfaat ya!

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Menentukan Profesi yang Tepat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar