icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektro Untuk Wanita
Siker.id | 25 May 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Umumnya, teknik elektro adalah salah satu jurusan yang mayoritasnya laki-laki dan perempuan hanya minoritas. Nah, lulusan jurusan ini pun mempunyai peluang kerja yang luas, lho. Jadi, untuk kalian kaum perempuan lulusan teknik elektro, jangan khawatir tidak bisa mendapatkan pekerjaan atau takut jika hanya bekerja di lapangan.

Berikut ini ada beberapa peluang kerja untuk kaum perempuan yang lulus dari teknik elektro. 

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Akuntansi

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kesempatan kerja jurusan teknik elekto lainnya adalah bisa bekerja di badan-badan usaha milik negara atau disingkat BUMN. Tentu dengan yang berkaitan dengan telekomunikasi dan energi seperti PT Pertamina, PT Telkom, PLN, Telkomsel, dan perusahaan-perusahaan lain.

Anda tidak harus terjun langsung ke lapangan untuk bekerja, Anda bisa juga bekerja pada posisi yang tidak mengharuskan untuk terjun langsung ke lapangan atau bagian struktural.

Baca juga : 4 Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi

2. Software Developer

Siapa bilang bisa jadi software developer hanya untuk anak lulusan teknik informatika saja. Anak teknik elektro juga ternyata bisa.

Memang anak teknik informatika bisa untuk mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan Internet of Things (IOT). Tetapi anak lulusan teknik elektro pun dibekali kemampuan bahasa pemrograman untuk perangkat keras misalnya seperti arduino.

3. System Engineer

System Engineer atau rekayasa sistem merupakan kumpulan konsep, metodologi dan pendekatan, serta tools untuk menginstalasi dan juga merancang sebuah sistem yang kompleks. Anda sebagai lulusan teknik elektro bisa juga lho bekerja pada posisi ini.

Kompleksitas sistem biasanya disebabkan karena 2 faktor yaitu kompleksitas dinamis dan detail. Kompleksitas detail adalah ketika komponen yang dirancang sangat banyak dan dilengkapi dengan multi sourcing, multi criteria, multi standar, dan lain nya.

Demikian beberapa peluang kerja yang bisa Anda coba untuk berkarir, jangan khawatir karena teknik elektro adalah jurusan yang luas peluang kerjanya.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Sarjana Fisika


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar