Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Pengetahuan Wajib Dimiliki Spesialis Teknik Telekomunikasi
Siker.id | 08 Dec 2022 12:05


Bagikan ke
Pengetahuan yang wajib dimiliki spesialis teknik telekomunikasi (siker)

siker.id – Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat peluang pekerjaan yang berhubungan dengan hal tersebut juga semakin banyak dibutuhkan.

Salah satu pekerjaan tersebut adalah pekerjaan seorang spesialis teknik telekomunikasi.

Lantas, siapa itu spesialis teknik telekomunikasi?

Spesialis teknik telekomunikasi merupakan seorang ahli yang bertugas untuk merancang atau mengkonfigurasi sistem suara, video, dan data komunikasi.

Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengawasi layanan instalasi dan pasca-instalasi beserta pemeliharaannya.

Nah, bila kamu tertarik merintis karier menjadi seorang spesialis teknik telekomunikasi ada baiknya kamu memahami beberapa penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: Begini 3 Prospek Kerja Seorang Ahli Statistika!

Pengetahuan yang Dibutuhkan Seorang Spesialis Teknik Telekomunikasi

Seperti dikutip dari laman rencanamu, terdapat beberapa pengetahuan yang perlu dikuasai seorang spesialis teknik telekomunikasi antara lain:

1. Komputer dan elektronik

Tentu pengetahuan mengenai perangkat elektronik seperti komputer harus dikuasai seorang spesialis teknik telekomunikasi, ya, sobat siker.

Pengetahuan yang bisa dikuasai seperti pemahaman mengenai papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

2. Administrasi dan manajemen

Pengetahuan selanjutnya yang perlu dimiliki seorang spesialis teknik telekomunikasi adalah pengetahuan mengenai administrasi dan manajemen.

Ya, sebagai seorang spesialis, kamu harus mengetahui mengenai prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

3. Layanan pelanggan dan personal

Selain keahlian teknis yang perlu kamu kuasai, kamu juga harus memiliki pengetahuan dalam melayani pelanggan.

Hal yang perlu kamu kuasai antara lain penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Recruiter Ini agar Menjadi Ahli!

Tugas Seorang Spesialis Teknik Telekomunikasi

Dilansir dari laman rencanamu, berikut beberapa tugas seorang spesialis teknik telekomunikasi antara lain:

• Melaksanakan atau melakukan prosedur perawatan, backup, atau pemulihan preventif pada sistem dan jaringan telekomunikasi

• Berkonsultasi dengan pengguna, administrator, dan pada ahli lainnya untuk mengidentifikasi persyaratan bisnis dan teknis untuk memodifikasi sistem yang diusulkan atau pembelian teknologi

• Merancang atau mengkonfigurasi sistem suara, video, dan data komunikasi

• Berkomunikasi dengan vendor telekomunikasi untuk mendapatkan harga dan spesifikasi teknis untuk perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), atau layanan yang tersedia

Nah, itu tadi artikel mengenai pengetahuan yang wajib dikuasai spesialis teknik telekomunikasi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Minat Jadi Ahli K3 Umum? Kuasai 4 Hal Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar
Pencarian