Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Struktur Artikel yang Perlu Dipahami Penulis
Siker.id | 29 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Struktur dalam artikel yang perlu kamu tahu (siker)

siker.id - Struktur artikel adalah merupakan bagian mendasar yang harus dipahami seorang penulis ketika akan menyusun sebuah artikel. Mengembangkan struktur artikel atau kerangka kerja untuk menjadi sebuah tulisan menarik akan memastikan bahwa poin terpenting tercakup pada tulisan. Struktur artikel juga akan memungkinkanmu untuk memecah tugas berat menulis artikel yang panjang menjadi bagian yang lebih mudah dikelola. Misalnya, kamu diminta untuk menulis sebuah artikel yang terdiri dari 10.000 kata, kamu dapat menggunakan struktur artikel atau kerangka kerja untuk menentukan bahwa kamu memerlukan 500 kata dalam pendahuluan, 2.000 kata untuk menjelaskan metode yang kamu gunakan, 2.500 kata untuk memaparkan hasilnya, dan seterusnya. Lalu apa saja struktur penulisan artikel yang dimaksud ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Cara Membuang Insecure saat Menulis

Judul artikel

Bagian pertama dari struktur artikel yang pasti harus ada yaitu judul artikel. Judul artikel harus menggambarkan isi keseluruhan dari artikel yang ditulis. Judul artikel sebaiknya juga memuat kata kunci yang ditargetkan untuk keperluan SEO. Meskipun judul ini cukup singkat jika dibandingkan isi artikel, namun judul artikel menjadi faktor penentu apakah seseorang akan tertarik untuk membaca keseluruhan artikel.

Pembukaan artikel

Bagian struktur artikel selanjutnya adalah pembukaan. Pembukaan dalam struktur artikel ini berfungsi sebagai pembahasan awal yang memberikan pengenalan atau latar belakang singkat dari keseluruhan isi artikel. Seperti namanya, pembukaan artikel merupakan paragraf pertama yang ditulis di bawah judul dalam struktur artikel. Bagian ini biasanya berisi uraian narasi, peristiwa, pernyataan, kutipan dan lainnya.

Leher artikel

Struktur artikel yang selanjutnya adalah leher artikel atau juga disebut sebagai bridge atau jembatan. Fungsi dari struktur artikel ini adalah untuk menyambungkan bagian pembuka dengan isi artikel. Struktur artikel ini juga bisa menjadi penentu apakah pembaca akan melanjutkan ke bagian selanjutnya atau pergi meninggalkan halaman tersebut. Untuk itu, struktur artikel satu ini harus bisa meyakinkan pembaca untuk tetap melanjutkan membaca ke struktur artikel yang selanjutnya.

Baca juga: 4 Langkah Awal Sebelum Terjun ke Dunia Menulis

Isi artikel

Setelah leher artikel, kamu akan memasuki struktur artikel yang selanjutnya, yaitu isi artikel. Struktur artikel adalah yang paling penting. Seperti namanya, isi artikel berisi pembahasan dari suatu artikel. Dalam struktur artikel ini memuat pembahasan yang lebih detail dan lengkap sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Penutup

Setelah memaparkan isi artikel, selanjutnya kamu akan memasuki struktur artikel terakhir, yaitu penutup. Struktur artikel ini berisi kesimpulan dari bahasan keseluruhan dari artikel dan rangkuman artikel secara lengkap. Struktur artikel ini bisa ditemukan di bagian paling bawah dari artikel.

Sekian artikel tentang macam struktur artikel buat pemahaman penulis baru. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Kebosanan saat Menulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar