Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Kendala yang Sering Dialami Penulis
Siker.id | 27 Jan 2022 10:30


Bagikan ke
Kendala yang sering dialami penulis. (siker)

siker.id - Meski pekerjaan sebagai penulis itu kelihatannya mudah yakni hanya harus menulis, akan tetapi di balik itu tidaklah mudah, lho. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa menjadi seorang penulis pun juga ada kesulitannya sendiri, mulai dari tuntutan untuk selalu menciptakan ide baru, hingga harus kuat mental menghadapi berbagai kritik dan tanggapan orang terhadap tulisannya.

Karena seorang penulis harus bertanggung jawab atas tulisannya, dan itu tidak bisa dilakukan sembarangan. Beberapa kesulitan yang dialami penulis pun bisa dilihat dalam pembahasan kali ini, berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Penulis

Pertama, rasa malas mencari sumber referensi. Mencari referensi dengan membaca buku-buku, media massa baik cetak maupun elektronik atau berselancar di dunia maya adalah pekerjaan yang menyebalkan bagi sebagian besar orang. Namun kebiasaan membaca perlu ditumbuhkan. Apalagi bagi mereka yang ingin menjadi penulis. Jika rasa malas menghinggapi diri penulis, jangan mengharap impian dapat tercapai. Lebih-lebih malas mencari sumber referensi, sebab dari referensi itu akan diperoleh informasi dan wawasan serta pengetahuan yang luas sebagai bahan untuk menulis.

Kedua, krisis ide. Seorang penulis profesional pun bisa saja mengalami krisis ide, apalagi bagi penulis pemula. Untuk itu sebagai penulis pemula harus kretif dalam mencari ide bahasan. Ide bisa didapat kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menulis Body Email Untuk Lamaran Kerja

Ketiga, kurang latihan. Kurangnya latihan dalam menulis akan berakibat; a. ketidakmampuan mengembangkan masalah. Padahal ide tulisan sudah menumpuk dalam pikiran akibatnya terjadi kemacetan dalam menulis. b. Kaku dalam penyusunan kalimat yang menyebabkan artikel yang dihasilkan sumbang dan tidak enak dibaca.

Keempat, takut salah. Rasa takut salah biasanya dikuti takut dikritik. Apabila perasaan takut salah dan takut dikritik masih hinggap pada diri penulis pemula, jangan harap bisa mencapai keberhasilan. Padahal dengan menemui kesalahan dan banyaknya kritikan akan menunjang keberhasilan dalam menulis.

Sekian artikel tentang beberapa kesulitan atau kendala yang sering terjadi pada penulis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Karir


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar