Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Tugas Seorang Copywriter
Siker.id | 16 Feb 2022 14:45


Bagikan ke
Tugas seorang copywriter. (siker)

siker.id - Teknologi kian berkembang pesat dan membuka berbagai peluang baru untuk banyak posisi. Apalagi digital marketing mulai digunakan di banyak perusahaan. Salah satu pekerjaan yang populer berkat perkembangan media sosial adalah copywriter.

Copywriter adalah seseorang yang bertugas menulis konten atau kalimat dengan diksi kreatif yang berguna untuk mempromosikan, menginformasikan, serta meningkatkan awareness audience terhadap produk perusahaan itu sendiri.

Selain itu berikut beberapa tugas lain dari seorang copywriter:

Baca juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Manajer Logistik

Membuat Copywriting yang Menarik

Pernahkah Anda melihat kalimat yang lucu tetapi menarik dalam caption Instagram? Itulah contoh dari copywriting.

Pengertian copywriting adalah teknik menulis kreatif yang menggugah dengan tujuan komersial. Dari sebuah tulisan, diharapkan audience atau pembaca akan melakukan tindakan lebih lanjut berupa pembelian produk.

Konsep yang digunakan dapat berpatokan pada AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action).

Memunculkan Ide Segar

Ide yang fresh dan menarik mampu menggaet audience dalam waktu singkat. Semua ide yang menarik bisa didapatkan dari riset pasar, membaca buku, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Namun, tak jarak seseorang yang bekerja di dunia penulisan kreatif mengalami writer’s block, yaitu sebuah kondisi dimana seseorang memproses ide dan pemikiran kreatif jauh lebih lama dibandingkan kondisi normal.

Baca juga: 4 Hal yang Menunjukkan Kamu Penulis Sukses

Menulis dengan Empati

Empati dapat menggugah perasaan masyarakat dan meningkatkan kemungkinan masyarakat untuk mengambil tindakan atau call to action.

Semakin banyak masyarakat yang terpengaruh, maka semakin besar penjualan atau keberhasilan dalam menggapai tujuan. Perpaduan empati dan kemampuan untuk story telling dapat menyajikan konten yang mengalir tapi tetap menuju sasaran.

Menyusun Konten Kreatif

Kreatifitas yang tinggi sangat berperan penting dalam posisi ini. Tulisan yang kreatif dapat mencuri perhatian masyarakat dan meningkatkan penjualan.

Konten yang kreatif harus out of the box dan tetap berpedoman terhadap produk perusahaan dengan bahasa yang mudah dipahami. Melalui copywriting, seorang copywriter bisa meningkatkan penjualan sebuah produk.

Sekian artikel tentang tugas copywriter. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Peran Penting Editor Bagi Penulis


Editor: Theo Adi -

     

Komentar