icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Membuang Insecure saat Menulis
Siker.id | 20 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Membuang insecure (siker)

siker.id - Rasa insecure yang tidak diatasi dengan baik memang akan berdampak buruk ke diri sendiri. Rasa rendah dan tidak percaya dengan kemampuan diri, maka akan berdampak kepada produktivitas sehari-hari. Begitu pun dengan penulis. Jika rasa insecure sudah bergelayut, maka tulisan yang dihasilkan pun tidak akan maksimal. Untuk menyiasati itu semua, ada tiga poin penjelasan yang bisa menjadi pemantik untuk menghilangkan insecure. Ini ulasannya!

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Rasa Insecure di Tempat Kerja

Jangan melirik karya orang lain

Fokus menyelesaikan karya yang sudah dimulai akan lebih baik, daripada ketika menulis tapi melirik karya orang lain. Jika tujuannya untuk belajar atau mencari referensi itu bukan masalah. Menjadi masalah jika malah membanding-bandingkan karya diri sendiri dengan orang lain, lalu merasa rendah diri. Jika dengan melihat karya orang lain menjadi tidak percaya diri, maka lebih baik dihindari dan fokus menuntaskan karya terlebih dahulu.

Percaya akan menemukan pembaca yang tepat

Karya yang baik akan ditemui oleh pembaca yang tepat. Misal, penulis novel genre romance akan disukai oleh pembaca yang juga menyukai genre romance. Jika novel tersebut dibaca oleh pembaca yang menyukai cerita thriller, maka tidak akan nyambung. Nah oleh sebab itu, jika tulisan masih minim pembaca dan membuat insecure, maka selain terus memperbaiki tulisan, perlu juga untuk membesarkan hati bahwa tulisanmu belum menemukan pembaca yang tepat.

Baca juga: 5 Penyebab Insecure di Tempat Kerja

Kegagalan adalah bumbu untuk keberhasilan

Semua penulis sukses pasti dulunya juga amatiran. Mereka juga belajar dari banyak kesalahan sebelum akhirnya menyandang gelar sebagai penulis profesional. Jika saat ini gagal, belum tentu besok gagal juga. Jadi, nikmati saja proses kegagalannya dan terus semangat. Rasa insecure tidak akan membantu apa pun. Mau tidak mau harus segera dihilangkan!

Sekian artikel tentang tips membuang insecure saat menulis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar