Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Hadapi Kritikan di Tempat Kerja
Siker.id | 10 Mar 2022 15:15


Bagikan ke
Hadapi kritikan di tempat kerja. (siker)

siker.id - Dalam hidup ini tidak semua yang diharapkan akan berjalan dengan mulus. Begitu pun dengan berbagai hal yang dilakukan dengan cukup baik belum tentu dapat diterima oleh semua orang. Bahkan ada pula yang masih menganggapnya ‘kurang’ karena hal-hal tertentu. Sebagai contoh di tempat kerja kamu pernah atau justru sering mengalami kritikan dari rekan kerja ataupun atasan.

Meskipun kritikan tersebut sekadar teguran kecil, tetapi ada kalanya perasanmu merasa tidak baik, bukan? Bahkan, tak sedikit orang yang jadi baper karena diberi kritikan dan mungkin termasuk dirimu. Nah, agar kamu tidak mudah baper ketika mendapatkan kritik dari orang-orang di lingkungan kerja, ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan.

Baca juga: 4 Tips Menerima Kritik dan Saran dari Karyawan

Lakukan Introspeksi Diri

Ketika kamu menerima kritikan dari rekan kerja ataupun atasan, sebaiknya sinkirkan egomu sejenak dan lakukanlah introspeksi diri. Coba pahami apakah yang mereka katakan ada benarnya.

Jujurlah pada dirimu sendiri tentang kebenaran tersebut, karena tidak semua orang yang memberikan kritik itu benci atau tidak menyukaimu. Terkadang kritikan yang diberikan kepadamu hanya karena mereka tidak setuju dengan keputusanmu. Atau karena mereka memang berharap kamu bisa berubah menjadi lebih baik.

Berpikir dengan Objektif

Kalau kamu mendapatkan kritikan, jangan langsung mengambil kesimpulan dan membiarkan emosi mengendalikan dirimu. Pikirkan baik-baik apakah kritikan tersebut akurat atau justru sebaliknya.

Jika dirasakan kritikan itu tidak akurat, kamu bisa mencoba bertanya kepadanya untuk mendapatkan penjelasan lebih detail. Akan tetapi sebelum bertanya ada baiknya kalau kamu sudah dalam keadaan siap mental agar tidak merasa emosi.

Baca juga: Berikut Tips Menyampaikan Kritik Yang Sopan

Ingat Bahwa Kritik Bukan Sebuah Serangan

Sebaiknya kamu tidak menunjukkan emosi ketika mendapatkan kritikan di tempat kerja. Ingatlah kalau sebenarnya kritikan itu bukanlah sebuah serangan dari orang lain kepadamu. Jadi kamu harus dapat meredam emosi negatif tersebut dan jangan sampai menunjukkan respons apapun kepada mereka.

Sebab jika kamu memberikan respons terlebih dengan kata-kata konfrontasi, ini hanya akan memperburuk citra dirimu. Jadi tetaplah bersikap tenang dan profesional dalam mengahadapi kritik.

Sekian artikel tentang cara hadapi kritikan di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara menghadapi Kritik di Tempat Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar