icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menyampaikan Kritik Yang Sopan
Siker.id | 25 Dec 2021 14:15


Bagikan ke
Tips menyampaikan kritik yang sopan. (siker)

siker.id - Mendapatkan kritikan atau memberi kritikan adalah hal yang lumrah kita temui sehari-hari. Namun, tak sedikit kalimat yang terlontar malah menyakitkan hati. Bisa jadi justru malah kalimat yang melukai perasaan itu keluar dari mulut kita. Jika kita saja bisa sakit hati karena kritikan orang lain, apalagi orang lain yang mendapatkan kritikan dari kita? Tentu akan sangat menyakitkan, bukan? Oleh karenanya kamu wajib tahu, mengenai bagaimana cara memberikan kritikan dengan santun supaya gak melukai perasaan orang lain. Berikut ulasannya!

Baca juga: Bagaimana Cara menghadapi Kritik di Tempat Kerja?

1. Sampaikan Kritik Secara Empat Mata

Apa pun yang terjadi, kritik harus disampaikan secara empat mata. Hanya pujian yang boleh disampaikan di depan publik, kritik hanya boleh disampaikan antara Anda dan rekan kerja saja. Oleh karena itu, sebelum menyampaikan kritik, tengok situasi sekitar Anda, apakah memungkinkan menyampaikan kritik saat itu juga? Jika situasi terlalu ramai, tunggu hingga situasi memungkinkan atau ajak rekan kerja Anda untuk bicara secara empat mata di tempat lain.

2. Mulai dengan Kelebihan yang Ia Miliki

Kritik, betapa pun membangunnya, akan terasa menyerang dan menyengat bagi penerimanya saat pertama kali ia mendengarkannya. Oleh karena itu, ada baiknya, sebelum menyampaikan kritik, buka pembicaraan dengan kalimat positif dan berikan pujian terhadap kelebihan yang telah ia miliki selama ini. Tunjukan bahwa apa yang akan Anda sampaikan berikutnya bukanlah berarti ia selalu berbuat salah atau kurang. Bangun kepercayaan dirinya sehingga kritik yang Anda sampaikan tidak serta-merta terasa seperti serangan baginya.

3. Temukan Hal Baik Untuk Dipuji

Tidak ada seseorang yang mutlak baik dan tidak ada seorangpun yang mutlak buruk. Kita semua memiliki sisi baik dan sisi buruk masing-masing, maka janganlah mengkritik seseorang seolah dia tidak memiliki kebaikan sama sekali. Pandai-pandailah melihat sisi baik di dalam diri orang lain, temukan sesuatu pada dirinya yang bisa dipuji, sebab dengan begitu orang yang menerima kritik akan terpacu untuk membuat dirinya menjadi lebih baik. Katakan sesuatu yang menyenangkan dan mudah diterima, buatlah suasana menjadi bersahabat.

Baca juga: Berikut Tips Bersaing Sehat Dalam Dunia Kerja

4. Ajak Bertukar Pikiran Untuk Menemukan Solusi

Bisakah Anda menahan diri sebentar saja sebelum memberi kritik kepada seseorang? Dengan kata lain, ada sesuatu yang lebih penting daripada sekedar mengkritik kesalahan, yaitu persahabatan atau hubungan yang baik. Jangan biarkan hubungan itu rusak hanya gara-gara Anda tidak tahu caranya menyampaikan kritik dengan baik. Alih-alih mengkritik, ada baiknya jika Anda mengajaknya untuk bertukar pikiran tentang hal yang menurutmu penting untuk dibicarakan.

5. Lakukan dengan pembawaan yang tenang

Meski Anda jengkel, kesal, dan rasanya ingin marah Anda tetap harus bijaksana dalam melontarkan kritikan. Jangan biarkan perasaan emosi yang menguasaimu. Selain poin kritikan tak akan tersampaikan, orang yang Anda kritik juga akan meragukan kebenaran dari segala kritikanmu. Sampaikan dengan pembawaan yang tenang, fokus pada inti permasalahan, jangan pula menyerang pribadinya.

Sekian artikel tentang tips cara menyampaikan kritik yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangkitkan Lagi Motivasi Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar