4 Tips Menerima Kritik dan Saran dari Karyawan
Siker.id | 27 Feb 2022 13:45


Bagikan ke
Menerima kritik dan saran dari karyawan. (siker)

siker.id - Banyak perusahaan yang sulit untuk menerima kritik dan saran, khususnya yang berasal dari karyawan. Padahal, pemberian saran dan kritik merupakan hal yang penting bagi perkembangan perusahaan. Terutama bila hal ini berkaitan dengan adanya kinerja dari manajemen yang dipandang serius perlu dibenahi oleh pimpinan.

Masukan tersebut pastinya harus disampaikan melalui divisi Human Resources (HR). Lalu bagaimana cara divisi HR menangani kritik dan saran dari karyawan yang masuk? Berikut ini ulasannya!

Baca juga: 3 Alasan Menjadi Karyawan Tidak Selalu Buruk

Pahami dan pelajari kritikan dan saran tersebut

Yang perlu Anda lakukan saat menerima kritik maupun saran dari karyawan adalah mengenali jenisnya. Apakah masukan tersebut termasuk dalam jenis yang membangun atau hanya keluhan pribadi saja.

Jika masukan tersebut dalam jenis yang membangun, tentu akan sangat penting untuk diteruskan lebih lanjut pada jajaran pimpinan perusahaan. Namun, jika masukan hanya berdasarkan keluhan pribadi, maka HR dapat menelusurinya untuk kebijakan lebih lanjut.

Jangan terima kritik secara pribadi

Bagi Anda yang merupakan seorang HR, janganlah menerima kritik dan saran yang diajukan karyawan untuk diri sendiri. Hal ini lantaran HR berfungsi sebagai perantara perusahaan. Dapat dikatakan jika segala masukan yang disampaikan karyawan adalah untuk perusahaan.

Mungkin dalam beberapa kesempatan terdapat karyawan yang mengkritik dengan emosi yang tinggi. Anda perlu menghadapinya dengan kepala dingin.

Baca juga: Berikut 4 Jenis Pelatihan Skill Karyawan

Ajukan pertanyaan pada kritik yang ambigu

Ada kalanya Anda kurang paham akan maksud atas kritik yang disampaikan oleh karyawan. Atas hal tersebut, Anda dapat menanyakan kembali poin-poin yang belum jelas.

Dengan kembali bertanya untuk konfirmasi, diharapkan agar Anda memahami konteks keluhan dan komplain karyawan. Anda pun dapat menghindari kejadian salah tafsir atas kritik dan saran. Jadi, segala masukan yang baik dapat diimplementasikan oleh perusahaan di kemudian hari.

Minta waktu memproses kritik dan saran

Setelah menerima segala kritik dan saran dari seorang karyawan, Anda tentu memerlukan waktu untuk menindaklanjutinya bukan? Hal ini perlu lantaran tidak semua poin keterangan dari karyawan bisa disampaikan secara langsung kepada pimpinan perusahaan.

Sebab, Anda sebagai HR tentu memiliki pekerjaan lain yang memiliki prioritas lebih tinggi. Dengan demikian, Anda dapat memiliki waktu yang lebih banyak untuk memahami dan mengelola kritik dengan lebih baik.

Sekian artikel tentang tips menerima kritik dan saran dari karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: 4 Bidang Peningkatan Kualitas Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar