Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Menabung yang Efektif
Siker.id | 07 Feb 2022 13:45


Bagikan ke
Menabung yang efektif. (siker)

siker.id - Sebagian besar dari kita menghabiskan ratusan jam kerja setiap tahun untuk mendapatkan sebagian besar uang yang kita miliki sekarang. Tetapi, ketika kamu memiliki tabungan dan menyimpan tabungan tersebut di tempat yang tepat, uang tersebut akan mulai bekerja untukmu.

Jika kamu memiliki pendapatan tinggi dan pengeluaran rendah serta memiliki kebiasaan menabung secara rutin, kamu mungkin bisa mengumpulkan cukup uang untuk pensiun dalam waktu 10 tahun, di mana bagi kebanyakan orang, rata-rata dibutuhkan waktu hampir 40 tahun.

Tetapi pada titik tertentu, jika kamu menabung dan berinvestasi secara teratur, kamu seharusnya dapat hidup dari pendapatan yang dihasilkan oleh investasi tersebut di mana uang tabungan yang bekerja untukmu. Semakin awal kamu mulai menabung, maka semakin banyak waktu untuk membuat uang tabungan tersebut bertumbuh.

Berikut tips menabung yang efektif buat kamu!

Baca juga: Berikut 5 Hal yang Membuat Gagal Menabung

Buka rekening tabungan

Tips menabung pertama adalah membuka rekening tabungan sendiri. Membuka rekening tabungan dapat membatasi akses ke uang tabunganmu dan dapat memberimu tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening transaksi dasar biasa. Rekening tabungan adalah tempat di mana kamu dapat menyimpan sebagian atau seluruh sisa pendapatan setelah membayar kebutuhan pribadi dan pajak. Membuka rekening tabungan tersendiri dan mengatur transfer otomatis terjadwal dari rekening utama akan membuatmu terhindar dari godaan untuk membelanjakan uang tersebut.

Sisihkan 10% hingga 20% gaji

Dalam dunia keuangan, ada teori populer yang dipakai banyak orang untuk menabung. Teori ini disebut aturan 50/30/20. Sebenarnya, besaran ini bukanlah angka mutlak. Kamu tidak wajib membagi 20 persen dari gajimu khusus untuk tabungan, 30 persen untuk hiburan, serta sisanya untuk biaya hidup. Jika pendapatanmu besar, dan ingin menabung lebih banyak, itu sah-sah saja dilakukan. Jumlah tabungan ideal setiap orang tergantung pada keputusanmu masing-masing dalam pengaturan keuangan.

Baca juga: Berikut Tips Menabung bagi Karyawan Baru

Dahulukan melunasi hutang

Tips menabung berikutnya adalah mendahulukan hutang untuk dilunasi. Jika kamu mencoba menghemat uang melalui penganggaran tetapi masih menanggung beban hutang yang besar, mulailah dengan berfokus dulu untuk melunasi hutangmu. Setelah terbebas dari hutang, kamu dapat dengan lebih leluasa mengalokasikan anggaran untuk membayar hutang sebelumnya untuk ditabung.

Tetapkan tujuan tabungan

Tips menabung terakhir adalah menetapkan tujuan tabungan. Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan memvisualisasikan untuk apa kamu menabung. Jika butuh motivasi, tetapkan target menabung beserta timeline agar lebih mudah menabung.

Sekian artikel tentang tips menabung yang efektif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tanpa Ngantor 4 Profesi ini Tawarkan Gaji Besar


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar