icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Hal yang Membuat Gagal Menabung
Siker.id | 04 Jan 2022 15:30


Bagikan ke
Hal yang membuat gagal menabung. (siker)

siker.id - Menabung dianggap sebagai kegiatan yang mudah. Tinggal masukkan uang ke dalam celengan atau antarkan ke bank, sudah beres. Kalau kebiasaan menabung ini gampang, lantas kenapa Anda masih gagal menjalaninya? Jangan-jangan, metodemu kurang tepat. Awalnya, kamu harus sadar dulu pentingnya menabung supaya ada motivasi kuat untuk memulainya. Selain itu, lima kebiasaan di bawah ini biasanya sering kali jadi kendala saat sedang membiasakan diri menyisihkan uang. Yuk simak ulasannya!

Baca juga: Berikut Tips Menabung bagi Karyawan Baru

1. Sifat Foya-Foya

Siapa yang di sini tidak merasa bersalah kalau pendapatan bulanan selalu habis untuk berkunjung ke tempat makan unik/viral, belanja barang-barang unik di marketplace? Nah, sifat hedon atau berfoya-foya tampaknya sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Karena dianggap sepele, mereka terbiasa tidak mencatat pengeluaran. Hingga akhirnya sadar bahwa uang yang dikeluarkan ternyata besar dan berujung gagal menabung.

2. Tidak Ada Sisa Uang

Segala macam alasan selalu dikeluarkan pada poin ini. Mulai dari gaji kecil, membantu orang tua, sampai sadar kalau diri mereka sendiri itu boros. Hal-hal tersebut menjadi alasan lumrah generasi milenial di Indonesia. Kenapa hal-hal itu terjadi? Karena mereka memiliki cara pandang bahwa menabung itu adalah sisa dari pendapatan. Alhasil, mereka menghabiskan pendapatan tanpa perhitungan. Mindset yang benar adalah menabung itu bukan disisihkan di akhir tapi ditabung dulu di awal. Setelah menabung baru menyisihkan pendapatan untuk kebutuhan hidup.

3. Tidak Konsisten Dalam Menabung

Semangat menabung cuma berkobar di awal-awal saja. Ketika baru mulai, Anda bisa menyisihkan banyak uang dan memasukkannya ke celengan hampir setiap hari. Namun, begitu sebulan berlalu, Anda makin jarang menyentuh celenganmu. Terkadang, Anda masih suka memasukkan uang ke dalam tabungan, tapi nominalnya berkurang secara signifikan. Makin lama Anda juga jadi makin malas menabung.

Baca juga: Berikut Ini Kebiasaan Yang Membuat Hidup Boros

4. Merasa Sayang Menyisihkan Uang

Saat rekening mulai terisi di awal bulan, melihat nominalnya membuatmu sayang untuk tidak membelanjakannya. Daripada setengahnya ditabung, mending dibelikan ini dan itu sebagai self-reward atas kerja kerasmu selama ini. Memang untuk urusan mengelola uang itu hakmu. Namun, jangan sampai niat baik menabung yang sudah Anda rencanakan kemarin batal begitu saja. Tetap coba sisihkan penghasilanmu untuk ditabung.

5. Terlalu Sering Menghitung Jumlah Tabungan

Biasanya, ketika lagi semangat-semangatnya menabung, Anda jadi tidak sabar ingin segera tahu berapa hasilnya. Maka tak heran, jika celenganmu sering dibongkar-pasang. Baru juga mulai menabung dua minggu yang lalu, Anda sudah buru-buru menghitung hasilnya. Melihat jumlahnya yang tidak sedikit membuat tanganmu gatal untuk mengambil beberapa lembar uang. Pikirmu mungkin tidak masalah menggunakan sedikit uang tabungan. Ya, itung-itung rewards karena Anda sudah sabar dan tekun menabung. Kalau terjadi satu kali tidak masalah. Namun, akan jadi masalah jika itu terus berulang.

Sekian artikel tentang hal yang membuat gagal menabung. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Cara Mengatur Gaji yang Pas-pasan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar