Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menabung bagi Karyawan Baru
Siker.id | 03 Dec 2021 19:55


Bagikan ke
setelah menerima gaji pastinya sebagian dari gaji Anda akan mulai Anda tabung untuk rencana jangka panjang nantinya. (siker)

siker.id - Mereka yang bekerja sebagai karyawan, atau yang mendapat gaji rutin dengan nilai stabil setiap bulan, akan merasa nyaman dan merasa sedang berada di zona aman. Perasaan aman inilah yang membuat mereka kerap melupakan kewajiban menabung. Asal ada dana darurat, itu sudah aman. Pola pikir seperti itu tentu tidak bisa dibiarkan. Bagaimanapun juga, karyawan merupakan profesi yang cukup beresiko. Untuk mengantisipasinya, memiliki tabungan merupakan salah satu solusinya. Berikut merupakan tips menabung yang efektif untuk karyawan.

Baca juga: 8 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Karyawan Baru

1. Prioritaskan Kebutuhan

Hal yang pertama harus Anda lakukan yaitu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal yang wajib dipenuhi sedangkan keinginan merupakan tambahan dari kebutuhanmu, dan Anda bisa menundanya. Prioritaskan kebutuhan Anda dan perkecil keinginan, dengan begitu Anda bisa menyisihkan uang untuk menabung.

2. Langsung Menyisihkan

Kalau Anda tipe orang yang susah menanbung, sebelum menggunakan gaji untuk kebutuhan dan keperluan yang lain sisihkan untuk tabungan Anda terlebih dahulu. Karena kalau menundanya bisa jadi uang Anda akan habis untuk hal-hal yang kurang perlu.

3. Ikut Tabungan Berjangka

Ikutilah tabungan berjangka di bank yang Anda gunakan. Tentukan berapa nominal yang ingin disisihkan saat mendaftar tabungan berjangka, jangan lupa baca syarat dan ketentuannya ya. Tabungan berjangka bisa membantu menyisihkan uang walaupun Anda merupakan orang yang sulit menabung, dengan cara menarik langsung jumlah nominal yang Anda tentukan setiap bulannya dari rekening yang sudah didaftarkan.

4. Tentukan Tujuan Menabung

Tips menabung selanjutnya yang bisa kita aplikasikan adalah dengan menentukan tujuan yang jelas. Sehingga, kita akan lebih termotivasi untuk membiasakan diri dalam menabung. Tuliskan semua keinginan yang ingin kamu capai dengan menabung. Biasanya, semua orang akan menuliskan keinginan-keinginan seperti membeli kendaraan, gadget baru, jalan-jalan, berangkat haji, atau menikah.

Baca juga: Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

5. Tentukan Target Angka dan Waktu Menabung

Cara menabung paling efektif adalah dengan mengetahui target serta waktu yang diperlukan agar tabungan kita tercapai. Anda bisa memperkirakan harga barang yang kita minati, atau anggaran kasar total biaya. Kemudian, Anda tentukan waktu menabung yang diinginkan untuk mencapai tabungan tersebut. Cara menabung 50 juta dalam setahun tentunya berbeda dengan cara menabung 20 juta dalam setahun. Dengan kalkulator menabung, Anda bisa menghitung besar angka yang harus ditabung setiap bulannya.

6. Buang Pola Pikir Uang Sisa

Banyak orang yang tidak memasukkan tabungan sebagai anggaran dasar. Mereka akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan primer, kemudian sekunder. Jika akhir bulan ada uang sisa, maka uang itulah yang akan dijadikan tabungan. Jelas ini konsep yang salah, mengingat kegiatan menabung harus masuk dalam anggaran dasar. Caranya, saat mendapatkan gaji bulanan, sisihkan uang setidaknya 10% dari total gaji tersebut, kemudian simpan sebagai tabungan.

7. Buat Rekening Khusus Tabungan

Uang tabungan sebaiknya disimpan dalam rekening khusus yang terpisah. Hal ini untuk mencegah resiko terpakai untuk hal-hal yang sebenarnya tidak mendesak. Jadi saat Anda menabung, anggap aja itu uang lupa yang digunakan untuk tujuan tertentu. Agar tidak tergoda untuk menggunakannya, Anda bisa mengambil tabungan tanpa kartu ATM, atau serahkan kartu ATM-nya kepada orang yang Anda percaya.

8. Buka Tabungan Emas

Menabung dalam bentuk uang sebenarnya konsep lama yang harus dirubah. Pada dasarnya, menyimpan uang hanya akan membuat nilai uang tersebut menurun, meski secara nominal sama. Untuk mencegah hal itu, Anda disarankan untuk menabung dalam bentuk emas. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama yaitu menabung uang hingga mencapai jumlah tertentu, kemudian ambil dan belikan emas. Emas tersebut itulah yang akan kamu simpan dalam waktu yang lama. Cara kedua dengan mengikuti program tabungan emas.

Sekian artikel tentang tips menabung bagi karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !


Editor: Theo Adi -

     

Komentar