Berikut Langkah Memilih Kandidat yang Tepat
Siker.id | 04 Feb 2022 16:00


Bagikan ke
Langkah memilih kandidat yang tepat. (siker)

siker.id - Menjadi seorang perekrut bukanlah tugas perkara yang mudah. Kamu butuh usaha dan effort ekstra besar untuk menemukan kandidat yang berkualitas yang bersedia bergabung dengan perusahaan.

Perekrut harus bisa meyakinkan seorang kandidat untuk mau bergabung. Berikut ini beberapa Langkah efektif yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh kandidat terbaik.

Baca juga: Macam dan Manfaat Power Nap buat Karyawan

Manfaatkan media sosial

Media sosial telah menjadi bagian kehidupan saat ini. Para kandidat yang berkualitas dan aktif dalam pencarian kerja juga seringkali dapat kamu jumpai di platform seperti LinkedIn.

CEO dari perusahaan penyedia layanan komputasi awan Bullhorn, Art Papas menyatakan medsos bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan lowongan kerja, karena banyak orang yang menghabiskan waktu di dunia maya.

Permudah proses pendaftaran kerja

Proses pendaftaran kerja yang rumit sering membuat kandidat malas melamar. Ada kalanya para kandidat potensial merasa segan jika harus menghabiskan banyak waktu untuk mengisi lembaran-lembaran data diri.

Mereka akan memilih lowongan lain dengan proses yang lebih sederhana. Jangan beri proses yang rumit, hingga kamu mengundang kandidat untuk wawancara.

Setelah wawancara, kamu bisa menyodorkan dokumen untuk diisi kandidat. Jika prosesnya lebih sederhana, kamu sebagai perekrut tentu akan lebih menghemat waktu juga.

Baca juga: 4 Perintah Atasan yang Dibenci Karyawan

Prioritaskan kecerdasan dibanding pengalaman kerja

Beberapa perusahaan memang masih memandang jumlah tahun pengalaman kerja seseorang dalam sebagai patokan. Namun, pengalaman kerja belum tentu mencerminkan keterampilan kandidat.

Oleh karena itu, sebaiknya prioritaskan untuk mencari kandidat dengan kecerdasan dan keterampilan yang lebih.

Beri kesempatan pada kandidat yang berusia muda. Justru di situlah kelebihan mereka. Kandidat muda biasanya berpikiran terbuka dan selalu memiliki keinginan untuk belajar.

Tulis deskripsi pekerjaan yang lengkap

Hal ini terlihat sederhana, tapi dapat membantu kamu mendapatkan kandidat yang baik. Periksa kembali tulisan dalam posting lowongan pekerjaan yang kamu buat.

Berikan penjelasan lengkap mengenai pekerjaan dengan lebih spesifik. Pastikan kamu mencantumkan kriteria kandidat yang dicari. Buatlah kandidat tertarik dengan pekerjaan yang kamu tawarkan.

Sekian artikel tentang beberapa Langkah memilih kandidat yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Manfaat Payroll Bagi Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar