4 Manfaat Payroll Bagi Karyawan
Siker.id | 03 Feb 2022 11:15


Bagikan ke
Manfaat payroll bagi karyawan. (siker)

siker.id - Setiap perusahaan wajib memberikan gaji kepada seluruh karyawannya tanpa terkecuali. Selain upah pokok, perusahaan juga harus menyertakan komponen lain yang berkaitan dengan proses penerimaan gaji atau biasa disebut payroll. Tidak heran jika payroll adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh karyawan yang biasanya diterima setiap bulan atau minggu.

Payroll adalah proses penggajian karyawan yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan juga memiliki standar masing-masing dalam proses penghitungan payroll. Sebagai karyawan kamu juga harus mengetahui hal tersebut untuk menghindari selisih paham dengan perusahaan.

Lalu apa saja manfaat dari payroll ini buat karyawan?

Baca juga: 3 Tips Menabung dengan Mengatur Gaji Bulanan

Mengetahui laporan gaji bulanan

Salah satu kegunaan payroll adalah kamu bisa mengetahui secara detail pendapatan yang diterima. Baik itu gaji pokok, uang lembur, bonus, dan berbagai potongan yang wajib kamu bayarkan. Setiap bulannya kamu akan mendapatkan laporan tersebut, sehingga kamu bisa langsung menanyakan ke departemen terkait jika ada data yang tidak sesuai.

Self service

Kelebihan dari penggunaan sistem payroll adalah kamu bisa dengan mudah melihat kalender karyawan. Sistem tersebut akan membaca data cuti, absensi, lembur, dan lainnya, sehingga dengan mudah kamu bisa mengetahui posisi dari karyawan tersebut. Dengan begitu, penghitungan payroll pun akan lebih mudah dilakukan. Jika sudah menggunakan perangkat yang tepat, maka team IT akan mengatur kebutuhan payroll dengan efektif.

Baca juga: 5 Tips Meminta Kenaikan Gaji yang Sopan

Menghemat waktu

Manfaat yang paling besar dari penerapan payroll adalah dapat menghemat waktu. Bayangkan jika kamu adalah karyawan HRD yang harus mengurus slip gaji ratusan karyawan setiap bulannya secara manual. Selain tidak efisien, kemungkinan untuk terjadi kesalahan sangatlah besar.

Sistem payroll yang menggunakan software, akan memasukkan dan menghitung data secara otomatis. Dengan begitu kamu bisa menghemat banyak waktu. Karyawan hanya tinggal menunggu masuknya payroll tersebut dalam email dan gaji dalam rekening.

Pembuatan laporan sesuai kebutuhan

Fungsi selanjutnya dari penggunaan payroll adalah dapat membuat laporan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Detail payroll yang diterima oleh karyawan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, payroll dari setiap perusahaan pastinya juga berbeda-beda.

Sekian artikel tentang manfaat payroll bagi karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Gaji agar Tidak Cepat Habis


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar