icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Macam dan Manfaat Power Nap buat Karyawan
Siker.id | 03 Feb 2022 19:45


Bagikan ke
Macam dan manfaat power nap buat karyawan. (siker)

siker.id - Bagi mayoritas karyawan atau pekerja kantoran, punya kesempatan untuk istirahat adalah suatu kelegaan tersendiri. Tidak jarang juga banyak yang menggunakan waktu istirahat mereka untuk tidur selama setengah jam. Kebiasaan tidur yang jadi hobi mereka ini disebut power nap.

Secara teknis, power nap berarti tidur siang dalam waktu singkat. Jika kamu adalah karyawan kantoran, waktu yang paling pas adalah saat jam istirahat sekitar pukul 12.30-14.00.

Baca juga: Berikut 5 Kegiatan yang Dilakukan Saat Istirahat Kerja

Beberapa macam tidur siang

Kita sering dianjurkan untuk melakukan power nap. Namun, terdapat macam tidur siang lainnya yang mungkin lebih sesuai dengan kelonggaran waktumu. Di bawah ini adalah macam-macam tidur siang berdasarkan durasi:

Nano nap

Nano nap merupakan bentuk tidur siang paling kilat di antara ketiganya. Durasi tidur siang ini hanya berkisar 2-5 menit. Teknik ini lebih cocok kamu lakukan ketika belum masuk waktu istirahat tapi kamu sudah sangat mengantuk dan ingin curi-curi waktu tidur 5 menit.

Power nap

Teknik tidur siang ini paling disarankan. Durasi idealnya 15-20 menit dan tidak lebih dari 30 menit. Power nap sangat populer di kalangan pekerja kantoran dan melakukan multi-tasking. Kamu bisa melakukannya setelah makan siang pada jam istirahat. Ketika bangun, kamu akan merasa lebih segar dan dapat melanjutkan aktivitas kembali.

Baca juga: Bagaimana Cara Memanfaatkan Waktu Istirahat Kerja?

Lazy man’s nap

Memiliki durasi terpanjang, lazy man’s nap dapat berlangsung selama 50-90 menit. Tidur siang ini biasanya dilakukan jika kamu telah melakukan aktivitas yang sangat menguras tenaga atau belum cukup tidur di malam sebelumnya. Namun, hati-hati kebablasan tidur lebih dari 90 menit. Selain membuatmu susah tidur di malam hari, potensi susah dibangunkan meninggi.

Manfaat power nap

Power nap membawa perubahan khususnya untuk karyawan. Selama waktu bekerja, mereka dituntut untuk menjadi produktif dan mengerahkan performanya yang maksimal. Manusia tetap punya batasan, namun kamu bisa mengakalinya dengan tidur siang.

Banyak sekali manfaat dari power nap untuk kinerja di kantor yang lebih baik, di antaranya:

• Merasa lebih segar dan bertenaga setelah bangun

• Lebih rileks dan mengurangi rasa lelah dan stres

• Meningkatkan daya ingat short-term dan long-term

• Memperbaiki suasana hati

• Meningkatkan konsentrasi dan kreativitas

Sekian artikel tentang macam dan manfaat power nap. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Bahwa Tubuh Memerlukan Istirahat


Editor: Theo Adi -

     

Komentar