Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
Siker.id | 25 Oct 2021 13:30


Bagikan ke
ilustrasi pelamarkerja(siker.id/dok)

siker.id - Negosiasi salary merupakan kesepakatan antara pihak HRD kepada karyawan ataupun sebaliknya

Biasanya hal ini akan dialami oleh para freshgraduate ataupun para jobseeker di luar sana yang sedang mencari kerja

Baik, sekarang kita akan bahas tentang cara karyawan melakukan negosiasi salary yang baik dan benar dengan HRD

Ada beberapa tahapan mengenai cara negosiasi salary yang baik dan benar dengan HRD, yaitu diantaranya adalah :

Baca juga: Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?

1. Ketahuilah range gaji yang Anda terima diperusahaan tersebut

Ketika HRD sedang membuat open recruitment untuk posisi tertentu, biasanya akan disebutkan nominal gaji yang akan diterima oleh calon karyawan nantinya. Namun, tidak semua HRD atau pihak perusahaan menyebutkan nominal gaji yang akan diterima calon karyawan nantinya. Biasanya range gaji ini disebutkan di Jobportal atau postingan iklan lowongan yang HRD share. Nah, paling tidak untuk jobseeker harus mengetahui nominal gaji yang nantinya akan mereka terima diposisi tertentu. Hal ini akan menjadi patokan untuk calon karyawan agar melakukan negosiasi gaji sesuai dengan range gaji yang akan mereka terima

2. Tetap tenang selama melakukan negosiasi

Nah, bagi calon karyawan harus tetap tenang dalam melakukan negosiasi salary dengan HRD. Hal ini semata-mata agar kita tidak terlalu mengharapkan gaji atau tidak berorientasi pada gaji ketika melamar kerja. Lakukan negosiasi dengan tenang, sehingga menemukan kesepakatan dari kedua pihak antara karyawan dengan HRD. Dan tetap tunjukkan sikap tenang ketika negosiasi, tunjukkan bahwa kamu tidak mengutamakan expected gaji yang kamu inginkan.

Baca juga: Lulusan Elektro? Coba Peluang Kerja Ini

3. Promosikan kemampuan dan kinerja Anda

Promosikan atau jual kemampuan dan kinerja Anda kepada HRD, sehingga Anda berhak mendapatkan gaji yang Anda inginkan. Cara menunjukkannya yaitu adalah tunjukkan kelebihan-kelebihan yang Anda miliki, terutama untuk posisi pekerjaan yang Anda lamar. Sehingga nantinya HRD akan mempertimbangkan Anda layak atau tidak untuk melakukan offering salary atau mengingingkan gaji yang diinginkan.

4. Berikan rencana kontribusi yang akan Akan anda berikan untuk perusahaan

Berikan kontribusi terbaik yang akan Anda berikan untuk perusahaan ketika melakukan wawancara atau offering salary dengan HRD. Contohnya adalah apa visi dan misi Anda yang nantinya Anda berikan untuk perusahaan di tempat Anda bekerja. Tunjukkan dengan attitude baik dan dengan nada yang tegas apa rencana atau kontribusi yang akan Anda berikan kedepannya. Sehingga akan menjadi bahan pertimbangan bagi HRD ketika Anda sudah menyebutkan rencana atau planning kedepannya untuk perusahaan.

Demikian penjelasan saya mengenai cara negosiasi salary dengan HRD.

Sekian artikel Cara Negosiasi Salary dengan HRD. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran


Editor: Bagus -

0     0    

Komentar