Berikut Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Melamar Kerja
Siker.id | 31 Dec 2021 21:00


Bagikan ke
Menggunakan media sosial untuk melamar kerja. (siker)

siker.id - Sebagai pencari kerja, kita tidak hanya memerlukan resume dan pengalaman kerja yang hebat ketika hendak melamar pekerjaan. Kita juga harus menunjukkan pribadi yang profesional seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan yang akan merekrut. Nah, tahukah kamu bahwa untuk mengetahui hal tersebut, perusahaan seringkali akan mengintip akun media sosial kita? Sebab, calon atasan atau pemberi kerja pastinya ingin mengenal kita lebih jauh lewat gambaran kita di media sosial. Berikut ini ada beberapa tips bagi para pencari kerja untuk memerhatikan media sosial lebih cermat dan menghindari hal-hal yang membuat pemberi kerja mengurungkan niatnya merekrutmu.

Baca juga: Bagaimana Cara Cepat Melamar Kerja Yang Benar?

1. Tampilkan Hal Positif

Calon atasan akan mencari kesesuaian budaya kerja sebanyak mungkin lewat CV, referensi, serta melalui akun media sosial kita. Meskipun ini bisa menjadi keuntungan besar dalam beberapa hal, tetapi juga bisa merugikan, tergantung pada isi media sosial kita. Akun media sosial mencerminkan sifat dan pandangan kita, dan itu akan digunakan untuk menilai apakah kita cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan atau enggak. Profil dapat berdampak positif jika kita mengunggah hal-hal yang menunjukkan kita adalah seseorang yang berpengetahuan luas dan ramah.

2. Hindari Komentar dan Unggahan Enggak Pantas

Pewawancara atau calon atasan mungkin akan menyelami media sosial kita lebih dalam untuk mengenal lebih jauh pribadi kita, jadi berhati-hatilah terhadap segala hal yang kita tampilkan di sana. Mereka ingin mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang siapa kita dan media sosial membantu untuk mengeksplorasi calon pegawai lebih jauh. Karenanya kita sebaiknya menghindari komentar atau unggahan yang enggak pantas, kasar, enggak didasari pemikiran, atau enggak berempati.

3. Jangan Mengeluh Terus

Kadang-kadang kita terbangun dengan suasana hati yang sedang enggak baik dan mungkin tergoda untuk curhat di media sosial. Akan tetapi, hal ini sebaiknya diminimalisir deh, terutama untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Ini hanya menunjukkan kita orang yang negatif dan pemberi kerja bisa saja berpikir ulang menerima kita.

Baca juga: Berikut 8 Cara Melamar Kerja Yang Efektif

4. Jangan follow akun medsos pewawancara

Meskipun kita ingin terhubung dengan pewawancara di media sosial, Anda disarankan agar tidak melakukannya. Ada batasan tertentu dalam media sosial, dan ini salah satunya. Jika kita menjadi teman setelah dipekerjakan, itu soal lain. Namun kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mengenal lebih dekat siapa yang akan kita hadapi sehingga kita bisa memberikan kesan sesuai yang diinginkan pewawancara.

5. Berbagi banyak postingan inspiratif

Salah satu cara untuk menunjukkan kepada pemberi kerja apabila kita memiliki keahlian di bidang tertentu adalah dengan menunjukkannya di media sosial. Selain itu, akan lebih baik jika kita memposting konten-konten yang akan menginspirasi orang lain di sekitar kita. Bagikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Ini menambahkan nilai kita.

Sekian artikel tentang tips menggunakan media sosial untuk melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Melamar Kerja Walau IPK Rendah


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar