Berikut Ini Tips Melamar Kerja Walau IPK Rendah
Siker.id | 01 Dec 2021 12:30


Bagikan ke
Anda melamar kerja tetapi IPK Anda rendah jangan merasa minder dan malu, karena tetap bisa bersaing dengan mereka yang ber-IPK tinggi. (siker)

siker.id - Mendapat nilai A dan akumulasi nilai yang tinggi di perkuliahan pasti jadi hal yang membanggakan. Sebab IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) akan jadi salah satu pertimbangan penting supaya seseorang bisa diterima kerja di perusahaan. Beberapa perusahaan bahkan menjadikan nilai IPK sebagai kualifikasi lamaran kerja. Tapi nggak semua orang punya prestasi akademik yang baik, sebagian lebih memilih aktif berorganisasi atau komunitas dibanding memikirkan IPK yang tinggi. Jika Anda seorang lulusan baru dengan IPK rendah, jangan biarkan hal ini menghambat Anda untuk mengejar mimpi Anda. Berikut tips mencari kerja walau dengan ipk yang rendah!

Baca juga: Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!

1. Mulailah Dengan Mencari Pekerjaan Posisi Magang

Pengalaman kerja menjadi poin yang lebih diutamakan banyak perusahaan dibanding nilai akademis yang sempurna. Memiliki pengalaman magang di beberapa perusahaan akan menambah value dan wujud kompetensi yang kamu miliki. Perusahaan tidak akan menghiraukan seberapa besar IPK Anda jika punya pengalaman magang sebagai nilai profesionalitas dalam bekerja, terlebih kalau pernah magang di perusahaan ternama.

2. Bergabung Dengan Kegiatan Volunteer

Punya banyak pengalaman sebagai sukarelawan dalam berbagai kegiatan juga bisa dijadikan senjata untuk menaklukan recruiter. Pengalaman kerja dan keaktifan Anda sebagai bagian dari kegiatan-kegiatan sosial menjadi nilai lebih di mata perusahaan. Tidak peduli seberapa besar IPK Anda, jika terbukti punya jiwa sosial yang tinggi, bisa berkoordinasi dengan tim, punya pengalaman mengurus organisasi, pengalaman tersebut bisa membawa Anda pada pekerjaan di perusahaan impian.

3. Sempurnakan Aplikasi Anda

Cara mengkompensasi skor IPK rendah Anda adalah dengan aplikasi surat lamaran yang bagus. Untuk menarik manajer perekrutan, tunjukkan bahwa Anda adalah mahasiswa yang berpengetahuan luas dengan ambisi, keterampilan, dan kemampuan kepemimpinan. Sesuaikan surat lamaran Anda dengan menambahkan kata-kata aksi yang terperinci pada deskripsi pekerjaan.

Baca juga: Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

4. Dapatkan Referensi

Referensi karyawan adalah cara termudah untuk memisahkan surat lamaran Anda dari yang lain. Ini adalah kesempatan Anda untuk melatih keterampilan jaringan dalam meningkatkan aplikasi Anda, sampai pada akhirnya Anda mendapatkan pekerjaan. Carilah jaringan profesional Anda melalui rekan atau profesor sebagai sumber daya untuk referensi. Jangan lupa, jika Anda dirujuk ke suatu posisi, sebutkan dalam surat lamaran Anda.

5. Asah Kekuatan dan Minat dari Sosial Media Anda

Jika Anda seorang lulusan baru, Anda dengan sendirinya beruntung karena Anda dilahirkan di jaman digital. Ingatlah bahwa bisnis dan para pemimpin perusahaan yang paling komersil sedang menjadikan para konsumen muda sebagai sasaran target utama mereka. Ini adalah kesempatan Anda untuk membuat mereka terkesan dengan kemampuan Anda dalam ketrampilan sosial media dan cara menggunakannya. Hal ini bisa menjadi penanda Anda bisa melakukan segalanya bahkan dibidang digital sekalipun.

6. Kembangkan Aspek Keterampilan Lain

Nggak perlu berkecil hati kalau IPK-mu terbilang rendah, kamu bisa mengasah keterampilan lain yang lebih praktikal dalam dunia kerja. Seperti keterampilan berkomunikasi, negosiasi, kemampuan digital, media sosial dan teknologi yang sekarang ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan.

Sekian artikel tentang tips melamar kerja dengan ipk rendah. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitas Kerja, Apa Saja?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar