Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas Saat Mencari Kerja?
Siker.id | 01 Dec 2021 16:30


Bagikan ke
Rasa cemas apalagi saat melamar kerja adalah hal yang wajar dan bisa diatasi dengan formula yang tepat agar Anda siap menghadapi dunia kerja. (siker)

siker.id - Mencari kerja memang tidak mudah dan hal itu sering sekali menimbulkan rasa cemas. Ini karena perjalanannya panjang dan kegagalan sering ditemui saat prosesnya. Rasa cemas adalah hal yang sangat wajar, tetapi jangan sampai berlebihan. Bila saat ini Anda sedang mengalaminya, tak perlu terus larut dalam emosi negatif ini. Tetap semangat dan simak beberapa tips menghadapi rasa cemas saat mencari pekerjaan berikut ini!

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?

1. Jangan Pasrah Menunggu Panggilan Wawancara dan Jawaban

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pencari kerja adalah melamar satu posisi lalu diam menunggu panggilan dari perekrut. Kesalahan lainnya adalah berdiam diri menunggu jawaban perekrut setelah wawancara kerja. Waktu menunggu inilah yang biasanya membuat pelamar kerja cemas dan stres. hindari kebiasaan menunggu seperti ini. Lanjutkan mengisi waktu luang dengan terus mencari peluang pekerjaan.

2. Pola Pikir Positif

Perlu Anda pahami bahwa tugas perekrut bukan sekedar merekrut pelamar pekerjaan. Mereka juga punya pekerjaan lain yang harus dilakukan. Jadi jangan galau dan stres jika Anda belum mendapat kabar dari manajer perekrutan dan merasa Anda bukan kandidat yang baik. Selain itu, tetaplah berpikir positif jika mendapat penolakan.

3. Nikmati Proses

Saat pertama memulai hal baru memang sering sekali kita dihadapkan oleh tekanan, kecemasan, dan sebagainya. Tapi percayalah pada prosesnya, semua orang butuh belajar untuk tau sesuatu, begitu juga Anda yang sedang mencari kerja.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja

4. Buat Jadwal

salah satu hal yang membuat kita merasa cemas adalah tidak adanya struktur yang jelas. Tanpa adanya kendali situasi, rasa cemas saat mencari kerja adalah hal yang wajar dirasakan manusia. Oleh karena itu, Anda bisa memberi rasa bahwa Anda punya kendali dengan membuat jadwal. Strategi ini bisa membuat pola pikirmu tetap positif dan termotivasi untuk terus mencari kerja tanpa cemas berlebihan.

5. Lakukan Riset dan Tingkatkan Kemampuan Diri

Cemas saat mencari kerja kadang disebabkan oleh perasaan bahwa Anda tidak memiliki skill yang cocok untuk pekerjaan yang diinginkan. Daripada berlarut-larut dalam perasaan seperti ini, cobalah untuk melakukan riset lebih dalam tentang posisi tersebut dan alternatif yang cocok untuk Anda. Apa saja soft skill dan hard skill yang dibutuhkan? Apa saja skill yang sudah Anda miliki untuk posisi tersebut. Dengan skill yang cocok dan cocok dengan kebutuhan perusahaan, Anda bisa merasa lebih percaya diri dan optimis saat mencari kerja.

Sekian artikel tentang mengatasi rasa cemas saat mencari kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar