Jika Ditanya Alasan Melamar Pekerjaan, Jawab dengan Ini !
Siker.id | 03 Nov 2021 15:05


Bagikan ke

siker.id - Sudah bosan dengan pekerjaan yang sekarang bisa jadi alasan kenapa Anda melamar suatu pekerjaan. Tetapi, apakah dua alasan ini cukup kuat untuk Anda melamar pekerjaan?

Dan tentu saja dua alasan ini tidak bisa menjadi penjelasan ketika Anda ditanyakan alasan mengapa melamar posisi ini. Anda butuh jawaban profesional yang meyakinkan kalau Anda memang punya alasan kuat mencoba posisi tersebut. Simak di sini jawaban yang bisa Anda sampaikan ketika ditanyakan alasan melamar pekerjaan!

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?

1. Saya ingin berkarier dalam bidang ini karena sesuai dengan keahlian saya

Kamu bisa yakinkan interviewer dengan menjelaskan bahwa keahlian dan pengalaman kerjamu selaras dengan lowongan yang dilamar.

Kamu bisa lakukan hal ini dengan memaparkan berbagai skill yang kamu dapatkan selama magang dan kuliah pada interviewer.

Namun, supaya bisa berhasil, pastikan juga bahwa kamu memiliki dokumen yang dapat membuktikan hal tersebut.

Sebagai contoh, adalah sertifikasi dari seminar atau surat referensi dari bekas atasan di kantor lama.

2. Perusahaan ini sedang berkembang dan saya ingin menjadi bagian di dalamnya.

Alasan berikutnya yang bisa diberikan terkait lamaran kerjamu adalah bahwa perusahaan sedang berkembang dan kamu ini menjadi bagian di dalamnya.

Jawaban ini akan sangat tepat apabila kamu tertarik pada suatu perusahaan yang baru saja menerima funding.

Selain itu, alasan satu ini juga bisa membuat interviewer melihatmu sebagai calon karyawan yang mau bekerja keras dan beradaptasi dalam lingkungan kerja yang kompetitif.

Baca juga: Manfaat Bergabung di Komunitas Lowongan Kerja

Namun, saat akan memberikan jawaban ini sebagai alasan melamar pekerjaan, kamu juga perlu meyakinkan interviewer bahwa kamu bisa cocok pada kultur mereka yang dinamis.

3. Visi dan misi perusahaan selaras dengan tujuan saya.

Alasan melamar pekerjaan yang bisa membuat kandidat diterima adalah bahwa visi dan misi perusahaan selaras dengan tujuan kariermu.

Contoh jawaban ini menunjukkan keselarasan nilaimu secara jelas dan langsung kepada pihak interviwer.

Lalu, dengan mengatakan bahwa tujuanmu sesuai dengan misi perusahaan, interviewer akan menilaimu sebagai calon pekerja yang dapat meneruskan visi dan target bisnis mereka.

Tak hanya itu, membahas visi dan misi perusahaan juga akan meninggalkan kesan bahwa kamu adalah seorang kandidat yang teliti dan gemar melakukan riset mendalam

4. Saya ingin mencari tantangan yang baru

Selain uang, tantangan juga menjadi faktor utama mengapa banyak orang resign dari pekerjaannya.

Gaji besar, tapi berasa makan gaji buta bagi orang yang kreatif dan rajin bergerak akan sangat menyiksa. Tapi, enak bagi orang pemalas.

Jawab dengan yakin bahwa kamu butuh tantangan yang baru, tantangan diperlukan untuk kamu semakin berkembang.

Jika kerjaan itu-itu aja selama bertahun-tahun dan tidak ada tantangan, membuat otak dan kreativitasmu akan macet. Dan ini bahaya!

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?

Sekian Artikel Tentang Jika Ditanya Alasan Melamar Pekerjaan, Jawab dengan Ini !. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

 

 


Editor: Bagus -

0     0    

Komentar