icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Cepat Melamar Kerja Yang Benar?
Siker.id | 15 Dec 2021 13:00


Bagikan ke
Tips cara cepat melamar kerja. (siker)

siker.id - Memiliki pekerjaan dengan gaji yang stabil adalah impian setiap orang. Setelah lulus sekolah atau kuliah, hampir setiap orang berbondong-bondong untuk melamar pekerjaan. Maka dari itu, semakin banyak pelamar kerja, semakin ketat pula persaingannya. Tak jarang, proses mencari pekerjaan menimbulkan rasa tertekan atau bahkan stres tersendiri. Setiap pelamar kerja akan bersaing secara ketat satu sama lain. Pesaingnya pun sangat beraneka ragam, baik yang berasal dari kelompok yang masih fresh graduate maupun dari kalangan yang sebelumnya telah memiliki pekerjaan namun berkeinginan untuk pindah tempat kerja. Berikut ini cara mencari kerja yang cepat agar tidak lama menganggur!

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Sering Ditolak

1. Cari kerja Sesuai Dengan Keahlian

Ini salah satu faktor penentu penting, agar Anda bisa mendapatkan sebuah pekerjaan. Perusahaan membutuhkan orang yang sudah cukup mengerti di bidangnya, bukan seseorang yang menghambat work flow mereka. Lalu bagaimana sebagai seorang fresh graduate yang hanya memahami ilmunya saja, belum tahu penerapannya? Hal seperti itu bisa dilatih, karena Anda memiliki dasar ilmunya. Akan menjadi penghambat, apabila seorang lulusan akunting, ingin melamar menjadi sebagai arsitek. Dua bidang tersebut jelas bertolak belakang, namun akan berbeda ceritanya ketika Anda memiliki pengalaman.

2. Perluas Relasi

Faktor ini bisa mendukung untuk dapat pekerjaan dengan cepat! Salah satu contohnya, ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan, mungkin kamu bisa mengetahuinya lebih cepat dibandingkan masyarakat umum, karena Anda diberikan info oleh teman kamu yang bekerja di perusahaan tersebut. Jadi kamu bisa mempersiapkan diri Anda lebih baik dari pesaing dari yang lain. Selain itu, bisa saja atasan temanmu membutuhkan seorang pekerja, kemudian temanmu merekomendasikan Anda, sehingga mempermudah dalam melalui jalur penyaringan kandidat.

3. Melatih soft skill

Dalam pekerjaan tertentu tidak jarang soft skill akan lebih dibutuhkan dibandingkan hard skill. Soft skill yang harus dimiliki oleh setiap pelamar adalah kemampuan komunikasi atau interpersonal yang baik, kecerdasan sosial dan emosional. Keterampilan ini sangat dibutuhkan karena dianggap mampu bekerja sama dalam tim sehingga mudah dalam mencapai goal perusahaan.

Baca juga: Berikut Cara Kirim Lamaran via Email yang Benar

4. Manfaatkan situs lowongan kerja terpercaya

Meski terdapat beberapa industri yang harus stop operasi dan memberhentikan karyawannya saat pandemi, ada juga perusahaan maupun organisasi lain yang justru tengah mencari karyawan baru. Sektor yang tengah tinggi permintaan antara lain kesehatan, teknologi, keuangan, pendidikan online, makanan, dan ekspedisi atau layanan pengiriman. Coba cari peluang-peluang tersebut di situs lowongan kerja terpercaya yang banyak digunakan di Indonesia, seperti Jobstreet, Glints, UrbanHire, Karir, dan sebagainya.

5. Manfaatkan Internet

Hal ini tentunya sangat berkebalikan saat internet belum sepesat saat ini. Jika jaman dulu, melamar pekerjaan dilakukan secara door to door di perusahaan. Namun saat ini, dengan memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet, apply lamaran pekerjaan akan terasa lebih mudah. Manfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Sekarang ini sudah banyak website yang memang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Misalnya saja, Linkedln, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Karir.com dan masih banyak lainnya.

Sekian artikel tentang cara melamar kerja cepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran


Editor: Theo Adi -

     

Komentar