icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
6 Kesalahan Finansial Masa Muda
Siker.id | 29 Feb 2024 13:36


Bagikan ke
Ilustrasi menabung(siKer.id/dok.freepik)

siKer.id- Kesulitan dalam mengatur keuangan juga kerap dialami anak muda, usia 20 hingga 30-an. Meski telah memiliki penghasilan sendiri, tapi tak jarang mereka kesulitan mengatur keseimbangan antara pengeluaran, pendapatan, dan menabung. Kesalahan finansial bisa menjadi pembelajaran yang berharga bagi masa muda. Berikut enam kesalahan finansial yang sering terjadi pada masa muda:

Baca juga : Dampak Buruk Sering Begadang yang Harus Diketahui

1. Tidak Membuat Anggaran

Banyak orang muda tidak membuat anggaran atau mengelola keuangan mereka dengan baik. Akibatnya, mereka mungkin menghabiskan lebih dari yang mereka peroleh atau tidak mengalokasikan uang untuk tabungan dan investasi yang penting.

2. Belanja Tanpa Mempertimbangkan Kebutuhan

Kedengarannya cukup mendasar, tapi aktivitas belanja dengan tanpa memprioritaskan kebutuhan yang pokok bisa membikin keuangan gampang jebol. Banyak orang muda menjalani gaya hidup di luar batas kemampuan finansial mereka sehingga pengeluarannya selalu melebihi pendapatan. Maka, penting mempertimbangkan apa yang Ada butuhkan saat mau belanja.

3. Tidak Memiliki Dana Darurat

Banyak orang muda tidak memiliki dana darurat yang cukup untuk mengatasi kejadian tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis mendadak. Ini bisa meninggalkan mereka dalam situasi keuangan yang sulit jika terjadi keadaan darurat.

Baca juga : Ini Alasan Kamu Harus Rajin Baca Buku

4. Tidak Memulai Investasi Secara Dini

Banyak orang muda menunda memulai investasi karena alasan-alasan seperti merasa terlalu muda atau tidak memiliki cukup uang. Padahal, memulai investasi sejak dini dapat memberikan keuntungan besar dalam jangka panjang karena adanya potensi pertumbuhan investasi dari waktu.

5. Tidak Membuat Rencana Jangka Panjang

Tidak membuat rencana jangka panjang dalam hidup adalah salah satu kesalahan terbesar dalam pengelolaan keuangan. Padahal, penting untuk memprioritaskan apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan dan capai dalam hidup. Dengan rencana pengelolaan keuangan jangka panjang, berbagai kesalahan yang membikin kondisi finanisial jebol bisa dihindari.

6. Tidak Membandingkan dan Memilih Produk Keuangan dengan Bijak

Orang muda sering kali tidak membandingkan atau melakukan riset yang cukup sebelum memilih produk keuangan seperti kartu kredit, pinjaman, atau rekening tabungan. Akibatnya, mereka mungkin membayar bunga yang lebih tinggi atau biaya yang tidak perlu.

Menghindari kesalahan-kesalahan ini dan mengembangkan kebiasaan keuangan yang sehat sejak dini dapat membantu seseorang membangun fondasi keuangan yang kokoh untuk masa depan mereka.

Baca juga : Tips Sehat saat Bekerja dengan Komputer


Editor: Safira -

     

Komentar