icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Dampak Buruk Sering Begadang yang Harus Diketahui
Siker.id | 29 Feb 2024 10:50


Bagikan ke
Ilustrasi Begadang(siKer.id/dok.freepik)

siKer.id- Selain menyebabkan Anda mudah mengantuk dan kelelahan, kurang tidur akibat begadang juga bisa berpengaruh pada kondisi emosi dan psikologis. Kebiasaan sering begadang pun diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Beberapa di antaranya adalah penurunan daya ingat, berat badan, kehidupan seksual, serta kesehatan. Kurang tidur bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja. Normalnya seseorang memiliki waktu tidur selama 7–9 jam per hari. Jika kurang, berikut ini bahaya yang akan muncul.

Baca juga : Ini Alasan Kamu Harus Rajin Baca Buku

1. Penurunan konsentrasi dan kinerja

Kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi, daya ingat, dan kinerja kognitif secara keseluruhan. Ini bisa berdampak pada produktivitas di tempat kerja atau dalam kegiatan sehari-hari. Kurangnya waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan, konsentrasi, nalar serta kemampuan memecahkan masalah. Bukan itu saja, kurang tidur juga dapat menurunkan daya ingat seseorang.

2. Penurunan sistem kekebalan tubuh

Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi.

Baca juga : Berikut Alasan-Alasan Kamu Mudah Merasa Capek

3. Masalah kesehatan mental

Begadang secara teratur dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang sering begadang akan lebih rentan mengalami gangguan fungsi otak dan juga gangguan tidur berupa insomnia. Dalam jangka panjang, efek begadang tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

4. Penambahan berat badan

Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan, menyebabkan peningkatan nafsu makan dan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

5. Penuaan dini

Kurang tidur secara teratur dapat mempercepat proses penuaan kulit, menyebabkan munculnya keriput dan garis-garis halus. Akibat sering begadang, kulit dan wajah Anda akan menjadi lebih kusam dan kering. Rusaknya kolagen di wajah pun bisa menyebabkan munculnya garis-garis atau kerutan di wajah, flek atau bintik-bintik kehitaman di wajah, serta mata bengkak dan muncul lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Baca juga : Tips Sehat saat Bekerja dengan Komputer


Editor: Safira -

     

Komentar
Pencarian