Gagal Diterima Kerja? Lakukan 5 Hal Ini!
Siker.id | 15 Dec 2021 16:30


Bagikan ke
Lakukan 5 hal yang bisa membangkitkan setelah gagal diterima kerja. (siker)

siker.id - Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami kegagalan dalam melamar pekerjaan. Semua orang tentu selalu berharap yang terbaik untuk dapat memperoleh pekerjaan yang ideal dan cocok. Tentu saja realitanya tidak selalu berjalan dengan mulus sebab ada saja kemungkinan untuk dapat gagal dalam melamar pekerjaan. Meski mungkin akan menimbulkan kekecewaan, namun Anda dapat langsung mencoba beberapa hal penting berikut ini setelah gagal diterima di tempat kerja!

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Sering Ditolak

1. Kirimkan Email Pada Pewawancara

Menerima surat pemberitahuan tidak lolos wawancara memang bukan sesuatu yang menyenangkan, apalagi jika Anda sudah sangat mengharapkan diterima di perusahaan tersebut. Namun kondisi seperti ini bukanlah akhir dari segalanya, sebab bisa saja di lain kesempatan Anda justru mendapatkan panggilan wawancara lainnya di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk membalas email dari pewawancara sesaat setelah kamu menerima pemberitahuan tidak lolos. Ucapkanlah terima kasih atas kesempatan wawancara yang telah diberikan pihak perusahaan.

2. Tetap Terhubung Dengan Pewawancara

Koneksi menjadi salah satu aset penting dalam mengembangkan karir, jadi jangan pernah lupakan hal tersebut. Meski hanya berhubungan selama beberapa saat dengan pewawancara, pastikan kamu tetap menjaga koneksi dengan baik. Jika Anda tidak diterima bekerja saat ini, maka di lain kesempatan hal tersebut tentu mungkin saja terjadi. Anda bisa saja dibutuhkan dalam posisi lainnya di perusahaan atau bahkan di posisi yang sama di masa yang akan datang. Biasakan untuk tetap menjaga koneksi dengan pihak perusahaan, terutama dengan pewawancara.

3. Fokus Pada Masa Depan

Jangan terpaku pada kenyataan bahwa Anda gagal untuk mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan yang diinginkan. Fokuskanlah untuk menghadapi wawancara kerja selanjutnya di kantor yang berbeda. Ingatlah bahwa ketika satu pintu tertutup untuk Anda, maka akan ada pintu yang lain yang terbuka. Janganlah menyerah, karena tawaran berikutnya pasti akan lebih baik.

Baca juga: Berikut 8 Cara Melamar Kerja Yang Efektif

4. Berpikir Positif

Tak sedikit dari Anda kerap patah semangat saat menghadapi penolakan kerja. Mulai sekarang, belajarlah untuk bangkit dan keluar dari situasi tersebut. Jadilah orang yang selalu berpikir positif untuk ke depannya. Hal ini dapat membantu Anda untuk maju, tetap berusaha dan bersemangat dalam mencari pekerjaan yang lain.

5. Evaluasi Hasil Wawancara

Banyak orang yang mungkin melakukan kesalahan pada tahap wawancara yang dilakukan. Kesalahan ini lah yang kemudian membuat seseorang menjadi gagal dalam melamar pekerjaan. Jika Anda mungkin kurang beruntung saat itu, tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan evaluasi terhadap hasil wawancara. Dari evaluasi tersebut, nantinya Anda dapat melihat apa kesalahan yang mungkin telah Anda lakukan, sehingga dapat diperbaiki pada wawancara-wawancara selanjutnya.

Sekian artikel tentang hal yang dilakukan jika gagal diterima kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Melamar Kerja Walau IPK Rendah


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar