icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
6 Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Sering Ditolak
Siker.id | 09 Dec 2021 21:15


Bagikan ke
6 alasan mengapa surat lamaran Anda sering ditolak. (siker)

siker.id - Melamar kerja sudah ke puluhan perusahaan, mengikuti begitu banyak interview ke sana kemari, tapi selalu berakhir ditolak tanpa tahu alasan yang jelas. Kira-kira kenapa, ya? Apakah selalu karena Anda yang kurang optimal dalam mempersiapkan diri, atau bisa juga karena alasan lain dari internal perusahaan? Di dalam artikel ini, akan dijelaskan macam alasan paling umum mengapa perusahaan menolak lamaran Anda.

Baca juga: Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran

1. Anda Tidak Memenuhi Persyaratan Untuk Posisi Itu

Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakan benar Anda memenuhi persyaratan yang tertera di iklan lowongan pekerjaan? Jika posisi yang Anda lamar mengharuskan pengalaman kerja lima tahun, dan Anda hanya memiliki dua tahun, tentu banyak perekrut akan mengabaikan CV Anda.

2. Anda Layak Diabaikan

Baru-baru ini sebuah studi menunjukkan, banyak pencari kerja hanya menghabisan satu menit untuk menentukan apakah lowongan pekerjaan yang dilihatnya cocok. Ini berarti 6 dari 10 lowongan pekerjaan adalah tidak layak (cocok).

3. Tata Paragraf yang Berantakan

Surat lamaran yang Anda kirimkan ke pihak HRD perusahaan akan dinilai tidak hanya berdasarkan isi dan tujuannya tapi dari sisi kerapian Anda menulis juga. Surat lamaran kerja sendiri termasuk kedalam surat resmi yang harus ditulis dengan tata paragraf yang tersusun dengan rapi. Bila tidak rapi dan terkesan tidak terstrukur itu membuat HRD jadi malas untuk membacanya.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

4. Skill atau Kemampuan yang Tidak Relevan

Dalam sebuah perusahaan baik skala kecil maupun besar pasti membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan yang relevan dengan tugas yang akan ia kerjakan. Jika tidak relevan, tentu pihak HRD tidak akan memilihnya untuk menempati jabatan atau posisi pekerjaan tersebut.

5. Kurang Persiapan

Alasan lainnya adalah kamu kurang persiapan baik itu dari segi diri sendiri maupun persyaratan yang diminta oleh perusahaan. Saat melamar ke mana pun itu, pastikan kamu melakukan riset (apalagi sebelum wawancara) seputar perusahaan, menyiapkan dokumen yang diminta, memperbarui CV, dan detail lainnya.

6. Interview Tidak Optimal

Selain karena kurang persiapan, alasan lain Anda ditolak kerja adalah karena interview yang tidak optimal. Mulai dari datang terlambat, tidak memperhatikan HRD yang mewawancaraimu, sampai tidak lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar. Jadi, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum pergi interview.

Sekian artikel tentang alasan lamaran kerja sering ditolak. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Contoh dari Pemakaian Surat Keterangan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar