Begini 4 Skill Penting Bekerja di Perusahaan Multinasional!
Siker.id | 27 Sep 2022 15:03


Bagikan ke
Skill penting bekerja di perusahaan multinasional (siker)

siker.id – Bila kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional berarti kamu harus siap dengan budaya mereka, ya, sobat siker.

Mengapa? Karna, perusahaan multinasional tentu berbeda dengan perusahaan domestik baik dari segi budaya kerja, nilai kerja, tujuan kerja, dan mungkin pola komunikasi dalam keseharian.

Sebagai contoh, ketika kamu berkomunikasi dengan dirketurmu yang berasal dari Jepang, tentu kamu tidak bisa menggunakan Bahasa Indonesia, kamu perlu mahir untuk berbahasa asing.

Biasanya penggunaan Bahasa Inggris menjadi bahasa komunikasi yang banyak digunakan. Untuk itu, kamu perlu memiliki keterampilan berbahasa Inggris.

Nah, bila kamu tertarik bekerja di perusahaan asing, kamu perlu memiliki beberapa keterampilan dan keahlian, ya, sobat siker! Lantas, apa saja? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 4 Manfaat Research & Development bagi Perusahaan

Kemampuan Adaptasi

Pertama, kamu perlu memiliki kemampuan dalam beradaptasi. Ini penting, lho, sobat siker! Saat bekerja di perusahaan multinasional, tentu kamu juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerjanya.

Pasalnya, di sana kamu harus bekerja dengan orang yang memiliki latar belakang yang berbeda. Selain itu, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan tentu harus membuatmu belajar dan belajar lagi. Tanpa skill adaptasi yang mumpuni, pasti akan kesulitan bagimu untuk bertahan bekerja di sana.

Resiliensi

Keterampilan selanjutnya yang musti dimilikki adalah skill resiliensi. Skill resiliensi adalah kemampuan selanjutnya yang perlu dimiliki untuk bekerja di perusahaan multinasional.

Memiliki skill ini memungkinkanmu untuk menangani dan mengatasi stres, perubahan, dan masalah seputar pekerjaanmu.

Tidak hanya itu, skill ini juga membantumu mengembangkan ketahanan mental. Sehingga, kamu tidak takut untuk mengambil risiko serta menjaga motivasi kerja meski merasakan kesulitan.

Baca Juga: 4 Manfaat Penerapan Design Thinking pada Perusahaan

Komunikasi Lintas Budaya

Skill berikutnya adalah komunikasi lintas budaya. Ya, keterampilan ini menjadi sangat vital dalam berkomunikasi dengan siapa saja yang ada di perusahaan multinasional.

Skill komunikasi ini tidak hanya dituntut untuk mampu menggunakan bahasa asing saja, tapi juga memahami konteks budayanya.

Bekerja di perusahaan multinasional tentu akan mempertemukanmu dengan atasan atau kolega dari berbagai negara dan budaya.

Jadi, tanpa memahami kebudayaan mereka tentu kamu akan kesulitan untuk berkomunikasi.

Berpikir Kritis

Skill yang tak kalah penting selanjutnya adalah berpikir kritis. Sebenarnya skill yang satu ini dibutuhkan oleh setiap orang baik yang bekerja di perusahaan multinasional atau tidak.

Pasalnya, skill berpikir kritis sangat diperlukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi di pekerjaan. Digital Marketing Institute menyebutkan bahwa berpikir kritis adalah kemampuan untuk melihat dan menilai masalah.

Memiliki kemampuan berpikir kritis pasti akan mudah melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Jadi seseorang yang memiliki skill ini pasti akan mampu mengevaluasi segala sesuatu tanpa bias dan tentunya dengan alasan yang logis.

Nah, itu tadi 4 Skill Penting Bekerja di Perusahaan Multinasional yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini Cara Memperoleh Pekerjaan di Perusahaan Asing!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar