4 Manfaat Penerapan Design Thinking pada Perusahaan
Siker.id | 20 Sep 2022 17:06


Bagikan ke
Manfaat Penerapan Design Thinking pada Perusahaan (siker)

siker.id – Pernahkah mendengar istilah design thinking? Kalau dilihat dari namanya memang tidak jauh dari kata ‘desain’. Yaps, ini tentu berkaitan dengan bagaimana berpikir secara kreatif untuk menghasilkan solusi yang solutif.

Definisinya, design thinking ialah proses berulang di mana kita berusaha memahami pengguna, menantang asumsi, dan mendefinisikan ulang masalah dalam usaha untuk mengidentifikasi strategi alternatif dan solusi yang sebelumnya bisa tidak tampak dalam pemahaman awal kita.

Pengertian lain menyebutkan bahwa design thinking adalah sebuah serangkaian proses kognitif, strategis, dan praktis yang berulang; digunakan untuk memecahkan masalah dan menciptakan solusi inovatif yang tidak terpikirkan sebelumnya (out of the box) dengan berusaha memahami pengguna dan kebutuhannya, tidak membuat asumsi, dan membuat definisi ulang permasalahannya.

Nah, perusahaan juga dapat menerapkan hal ini, sebab terdapat beberapa manfaat penting. Apa saja itu? Berikut ulasannya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Membentuk Kebiasaan Critical Thinking

Munculnya Ide yang Solutif dan Kreatif

Pertama, perusahaan aan mendapatkan ide solutif dan kreatif. Dengan menerapkan metode ini, akan banyak ide yang bisa dikembangkan. Perusahaan juga dapat menciptakan berbagai inovasi terbaik yang menguntungkan dengan design thinking.

Ide atau inovasi tersebut bernilai mahal karena bisa membantu pengembangan perusahaan. Pola pikir kreatif ini diperlukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Sehingga masalah yang ada dalam bisnis dapat teratasi.

Efisien & Fleksibel

Kedua, design thinking dianggap lebih efisien dan fleksibel. Maksudnya, pendekatan yang solutif dari design thinking bisa digunakan di berbagai bidang perusahaan. Apalagi design thinking ini menekankan pada sisi pelanggan atau pengguna. Keberadaan perusahaan baik jasa maupun barang, pastinya tetap memerlukan masukan atau umpan balik yang membangun dari pelanggan guna meningkatkan produk/jasanya.

Baca Juga: 3 Landasan Utama dalam Computational Thinking

Fokus pada Solusi

Ini menjadi manfaat penting bagi perusahaan. Mayoritas perusahaan sangat menghargai pengalaman pelanggan. Dengan demikian, design thinking yang berfokus pada pengalaman karyawan dengan memberi mereka solusi yang sesuai dengan keadaan yang dihadapi.

Menciptakan Hubungan Erat dengan Pelanggan

Design thinking juga mampu menyediakan teknologi pembelajaran yang lebih berkaitan dengan keseharian pelanggan. Dalam organisasi, pelanggan yang dimaksud adalah karyawan. Pelatihan yang diterapkan dengan mengedepankan design thinking akan menghasilkan pengembangan kapasitas yang senada dengan masalah keseharian. Fokus pelatihan yang berporos pada karyawan cenderung menumbuhkan loyalitas pegawai dalam perusahaan.

Nah, itu tadi 4 Manfaat Penerapan Design Thinking pada Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut 3 Cara Melatih Kreativitas


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar