4 Manfaat Research & Development bagi Perusahaan
Siker.id | 16 Sep 2022 15:35


Bagikan ke
Manfaat Research & Development bagi Perusahaan (siker)

siker.id – Bila perusahaan ingin berkembang lebih jauh maka perusahaan harus memiliki research and development yang baik. Apa itu research and development?

Research and Development merupakan suatu proses di mana perusahaan bekerja untuk memperoleh pengetahuan baru yang mungkin digunakan untuk menciptakan teknologi, produk, layanan, atau sistem baru yang akan digunakan atau dijual. Tujuannya paling sering adalah untuk menambah laba perusahaan.

Pengertian yang hampir sama juga disebutkan dalam laman Inc, bahwa research and development merupakan proses untuk menciptakan teknologi baru atau yang lebih baik yang dapat memberikan keunggulan kompetitif di tingkat bisnis, industri, atau nasional.

Lantas, apa saja manfaat dari bidang research and development perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Apa Itu Riset Produk? Apa Manfaatnya? Yuk Pahami!

Mengurangi Pengeluaran

Keuntungan pertama dari adanya R&D ialah mampu meminimalisir biaya manufaktur. Pada tahap awal melakukan riset, perusahaan pasti sudah mengumpulkan berbagai data tentang target pasar, kompetisi, dan berbagai hal lainnya.

Memperoleh Hak Paten

Keuntungan selanjutnya adalah perusahaan bisa mengajukan hak paten atas produk atau layanan baru yang dikembangkan. Dikarenakan tujuan utama menjalankan R&D adalah agar perusahaan terus inovatif, hak paten ini menjadi penanda akan hal tersebut.

Perusahaan jadi lebih kredibel di dalam industri yang dijalani, lalu bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang lainnya.

Baca Juga: 5 Tanggung Jawab Bidang Research & Development

Finansial Perusahaan Membaik

R&D ini juga penting untuk perusahaan adalah dalam proses ini, kamu bisa memperlihatkan secara langsung visi perusahaan kepada calon investor. Sebagai investor, tentu mereka mengharapkan sales growth yang positif di saat ini dan di masa depan.

Dengan menjalankan R&D, menandakan bahwa perusahaan akan terus muncul dengan inovasi baru dan berkembang, baik itu dari segi produk maupun bisnis.

Berpeluang Merekrut Kandidat Berkualitas

Keuntungan terakhir dari R&D adalah perusahaan akan bisa merekrut karyawan dengan kualitas tinggi. Setiap kandidat pasti akan berusaha keras untuk bekerja di perusahaan unggulan, dan perusahaan pun ingin memiliki kandidat terbaik.

Nah, itu tadi 4 Manfaat Research & Development bagi Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pelajari 5 Skill Seorang Business Development Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian